Better You

Ini Dia 5 Cara Hadapi Fear of Missing Out!

  by: Redaksi       23/11/2021
  • Jika kamu sering merasa gelisah atau sedih saat melihat orang lain sedang mengalami hal menyenangkan yang belum pernah kamu alami sebelumnya, ini tandanya kamu sedang mengalami Fear of Missing Out (FOMO).

    FOMO adalah sebuah rasa ketakutan bahwa hidup kita tidak menyenangkan, hanya karena kita terlalu sering membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. FOMO tidak selalu muncul dalam bentuk kegelisahan karena orang lain memiliki karir yang sukses, tetapi juga dalam bentuk hal-hal kecil seperti keinginan mengecat rambut karena teman kita banyak yang melakukannya, atau bermain games hits seperti Animal Crossing hanya agar tidak ketinggalan tren.



    Meski terkesan sepele, jika terus dibiarkan FOMO dapat menyebabkan beberapa dampak serius seperti anxiety, penurunan self-esteem, atau bahkan stres. Eits, tapi kamu jangan khawatir, di sini Cosmo sudah merangkum 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi rasa fear of missing out. Yuk, disimak!



    1. Kurangi Waktu Bermain Media Sosial!


    Kamu sadar enggak sih kalau media sosial bukanlah keseluruhan realita kehidupan seseorang? Perlu diingat kembali jika media sosial adalah tempat orang berbagi kebahagiaan dan aktivitas yang memorable bagi mereka, sehingga kurang tepat jika kamu membandingkan keseluruhan hidup kamu dengan orang lain hanya melalui aktivitas yang mereka bagikan di media sosial!

    Kecanduan bermain media sosial merupakan salah satu tanda kamu sedang mengalami FOMO. Kamu menjadi takut ketinggalan aktivitas atau berita dari kehidupan orang lain yang kemudian membuat kamu kehilangan fokus dengan kehidupan dan lingkungan sekitar.

    Saran dari Cosmo, yuk kurangi waktu bermain media sosial! Hal ini dapat kamu lakukan dengan memasang wallpaper lock screen berupa quotes pengingat yang dapat mengurangi keinginanmu untuk bermain media sosial. Kamu juga dapat memanfaatkan penggunaan fitur screen time reminder untuk menjadi pengingat jumlah waktu yang telah kamu habiskan di smartphone.


    2. Do What Makes You Happy


    Salah satu cara menghadapi FOMO adalah dengan melakukan kegiatan yang dapat mendistraksi diri kamu agar tidak membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Hal ini dapat kamu lakukan dengan melakukan berbagai kegiatan yang kamu suka, seperti melukis, membaca, dan berbagai aktivitas lainnya yang dapat membuat kamu lebih fokus dengan kehidupan nyatamu.


    3. Tentukan Goals-mu!


    Tujuan hidup orang berbeda-beda, semisal kamu ingin menjadi ibu rumah tangga (hey, tak ada yang salah dengan menjadi ibu rumah tangga), sedangkan temanmu ingin membangun sebuah butik lokal. Nah, setiap orang tentu memiliki timeline sendiri kapan mereka bisa meraih tujuan tersebut. Ada yang bisa meraihnya terlebih dahulu, ada yang membutuhkan waktu, kamu tak perlu FOMO! So, tidak ada kata terlambat untuk mulai menentukan tujuan hidup. Cari hal yang ingin kamu capai di hidup ini, tentukan rencana step by step untuk mencapai tujuan tersebut. Pastikan kamu memiliki deadline atau indikator ukuran dari tiap tahap rencana yang telah kamu buat. Oh ya, jangan lupa berikan apresiasi pada diri kamu untuk setiap pencapaian atau progress yang telah kamu lakukan, ya!




    4. Habiskan Waktu Dengan Orang Terdekat


    Alih-alih terlalu terobsesi dengan kehidupan orang lain yang bahkan tidak terlalu kita kenal di media sosial, mulailah habiskan waktu dan energi yang kamu miliki untuk menciptakan memori bersama orang terdekat. Pastikan kamu ingat bahwa seluruh pengalaman tersebut adalah hal yang menyenangkan, ya!


    5. Ubah FOMO menjadi JOMO


    Ayo mulai fokus menikmati hidupmu dan sadari bahwa kita memiliki keunikan sendiri dalam hidup kita. Dengan begitu kamu akan lebih menghargai hidup dan rasa FOMO yang sebelumnya menjerat pikiranmu akan berubah menjadi Joy of Missing Out!


    (Salsa Meilivia / Image: Dok. Brooke Cagle on Unsplash, Estee Janssens on Unsplash, Priscilla Du Preez on Unsplash, Danielle MacInnes on Unsplash, Daria Tumanova on Unsplash, Fernando Brasil on Unsplash).