Beauty

4 Alasan Kamu Tidak Boleh Berbagi Produk Makeup Dengan Orang Lain!

  by: Astriana Gemiati       23/11/2021
  • Pernahkah kamu terjebak (dengan sukarela) dalam pertukaran riasan tanpa akhir dengan geng per-makeup-an kamu? Sebenarnya ini menggemaskan, tapi Cosmo menyarankan untuk bilang TIDAK. Kamu harus berhenti berbagi dan meminjam produk kecantikan dengan orang lain. Seperti, ya, kenyataannya. Aktivitas yang mungkin tidak berbahaya—pada bagian 'wajahnya'—praktik rutin merias wajah dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit kamu. Seperti mata merah, infeksi bakteri, bahkan herpes. Oh, no! Dan, apalagi berbagi alat rias? Babes… please, don’t!

    Cosmo harap hal ini sudah cukup untuk membuat kamu takut. Tetapi kalau di rasa masih belum, oke, kita akan melakukannya sekarang! Di bawah ini, dua ahli mengungkapkan beberapa alasan mengapa kamu harus *benar-benar* menghindari menggunakan riasan orang lain apalagi berbagi—pada dasarnya, produk kecantikan pada umumnya. Take note, ladies.




    1. Tempat Perkembangbiakan Bakteri

    Kamu harus membersihkan kuas dan spons riasan setidaknya setiap dua minggu sekali (MINIMUM). Apakah kamu sudah lakukan? Katakanlah kamu melakukannya. Dan, apakah kamu tahu jika teman kamu juga melakukannya? Poin yang Cosmo coba sampaikan adalah kamu tidak akan pernah tahu bagaimana orang lain menyimpan riasan mereka.

    Chandni Goyal, Training Manager, Anastasia Beverly Hills India, mengatakan, "Meskipun produk mungkin tampak bersih jika disimpan dalam kondisi hangat dan lembap, atau dibiarkan terbuka dalam waktu lama setelah digunakan, ada kemungkinan produk tersebut menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya. "Ditambah lagi, menggunakan lipstik, atau bahkan maskara orang lain, dapat menyebabkan staph infection, topical dermatitis, cold sores, atau reaksi alergi apa pun. Dan, berbagi riasan mata, khususnya, dapat menyebabkan konjungtivitis," tambah Nidhi Shah, Sr. Product Development Manager. 



    2. Pertumbuhan Jamur

    Selain produk, kamu juga harus menghindari berbagi makeup tools. Menurut Nidhi, penyimpanan dan penanganan makeup yang tidak sehat dapat menyebabkan tumbuhnya jamur pada permukaan produk. Dan, terkadang, kamu mungkin tidak dapat membedakan jamur pada produk—sering ditemukan dalam kasus maskara, lip gloss, dll. "Mengaplikasikan riasan 'berjamur' secara tidak sengaja dapat menyebabkan reaksi buruk pada kulit." #WorstNightmareComeAlive


    3. Memicu Timbulnya Jerawat 

    Karena makeup dan tools kamu dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman, Chandni menganggap sangat mungkin bahwa mereka bisa memicu timbulkan jerawat. "Hindari menggunakan produk riasan yang bersentuhan langsung dengan kulit seseorang. Misalnya, berbagi riasan mata yang dapat menyebabkan kutil mata atau infeksi mata merah. Demikian pula, karena lipstik adalah tempat utama untuk menangkap bakteri atau virus apa pun. mungkin membawa, itu bisa berakhir buruk untuk kamu juga, "jelasnya. Plus, jika teman kamu memiliki kulit yang mudah berjerawat, dan kamu menggunakan riasan atau aplikatornya, itu dapat menyebabkan bakteri penyebab jerawat tumbuh di kulit dan juga mencemari riasan kamu, kata Nidhi.


    4. Beberapa Infeksi Lainnya

    Mari kita hadapi, banyak dari kita yang malas membersihkan alat rias secara teratur — maksud Cosmo, mengapa kita harus berusaha keras untuk membersihkan. Nidhi menginformasikan, "Hal ini dapat menyebabkan kontaminasi produk makeup serta kulit kamu, memicu infeksi kulit seperti dermatitis topikal dan mungkin, bahkan lebih buruk lagi. Seperti yang Cosmo sebutkan sebelumnya, kamu tidak pernah bisa benar-benar yakin bagaimana teman kamu memperlakukan produk kecantikan mereka. Jadi, lebih baik aman daripada menyesal. Plus, jika teman kamu menyukai bahan-bahan alami dan minyak esensial, kamu tidak dapat memastikan bahwa itu akan cocok dengan kulit kamu juga.Chandni mengemukakan, " Produk dalam pot yang harus dioleskan dengan ujung jari kamu, juga bisa menjadi pembawa infeksi, lho! Tangan adalah pembawa bakteri, dan idealnya, kamu tidak boleh berbagi produk seperti itu dengan siapa pun."




    Kesimpulannya, jika kulit kamu bermasalah akhir-akhir ini, kurangi menggunakan produk kecantikan untuk sementara waktu, dan tunggu untuk melihat perbedaannya.






    ( Artikel ini disadur dari  www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image:[email protected] / Dok. GIPHY.com )