Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Emma Chamberlain Adalah Ratu Gen Z

  by: Redaksi       24/11/2021
  • Untuk kamu para Gen Z, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan YouTuber muda, Emma Chamberlain. YouTuber cantik asal Los Angeles ini sering dijuluki sebagai role model Gen Z. Bagaimana tidak? Di usianya yang ke-20 tahun, Emma sudah memiliki 14.6 juta followers di Instagram, 10.6 juta followers di TikTok, dan 11.1 juta subscribers di YouTube (and still counting!). Oh ya, little fun fact, Emma juga pernah menjadi sampul majalah Cosmopolitan US Februari 2020 lalu, lho!


    Baiklah, untuk kamu yang mungkin belum tahu (kemungkinan besar kamu bukan Gen Z) Cosmo akan menceritakan sedikit tentang si cantik Emma Chamberlain. So basically, Emma adalah gadis remaja yang memulai karirnya melalui YouTube saat ia berusia 16 tahun. Emma pada saat itu memanfaatkan YouTube sebagai pelarian dari tekanan kehidupannya di tahun pertama SMA dengan membuat daily vlog yang bercerita tentang aktivitas sehari-harinya. Secara tak disangka-sangka, daily vlog super simpel dan real dari Emma ini mendapatkan sambutan yang sangat besar dari para penonton YouTube, hingga kini ia mampu dijuluki sebagai Gen Z’s Ultimate Trendsetter.




    Berbeda dengan YouTuber pada umumnya, Emma memiliki pesona yang peaceful, real, dan quirky sehingga ia sangat disukai oleh warganet. Emma dalam video YouTube-nya secara berani menampilkan hal-hal normal yang biasanya dimanipulasi atau ditutupi oleh influencer lain, seperti tekstur dan jerawat di wajah, tampilan bare face di depan kamera, dan berbagai hal lainnya yang selama ini menjadi sumber insekuritas para remaja ketika menonton video dari influencer lain di YouTube. Emma dalam videonya bahkan sering mengolok-olok dirinya sendiri seperti memperbesar wajahnya dan menambahkan suara-suara lucu ke dalam videonya.






    Tak hanya itu, dalam videonya Emma juga sering kali membicarakan isu yang selama ini jarang didiskusikan di internet, seperti masalah kesehatan mental dan penyebaran awareness terkait bahaya penggunaan fast fashion dengan mengajak penontonnya untuk mulai melakukan thrift shopping. Penyampaiannya yang calm and soothing membuat para penonton merasa seakan berteman dengan Emma secara nyata, tak heran jika Emma kemudian mendapatkan banyak pengikut yang loyal. All hail to the queen!


    (Salsa Meilivia / Image: Dok. Instagram @emmachamberlain, @cosmopolitan)