Better You

7 Hal yang Akan Kamu Sadari Ketika Berada di Usia 20-an

  by: Redaksi       24/11/2021
  • Usia ke-20 adalah fase peralihan dari masa remaja menuju dewasa, sehingga tak heran jika di usia ini sebagian besar orang mengalami masa tersulit sekaligus paling menyenangkan dalam hidup.

    Untuk kamu yang akan atau sedang berada di usia 20an, kamu datang ke tempat yang tepat, karena di sini Cosmo akan menyajikan beberapa advice atau pembelajaran diri yang dapat membantu kamu menjadi pribadi yang lebih siap dalam menghadapi masa keemasan ini.



    Yuk, simak 7 hal yang akan kamu sadari ketika berada di usia 20an!



    1. Kesehatan Mental Sangatlah Penting

    Meski di usia ini kamu sedang berada di puncak kesibukan, pastikan kamu tetap menjaga kesehatan mentalmu, ya! Penting untuk diingat bahwa meski tak terlihat, nyatanya mental health is as much as important as physical health. Gangguan pada kesehatan mental dapat berpengaruh pada kesehatan fisikmu, lho. Sedikit saran dari Cosmo, cobalah lebih fokus pada kesehatanmu sendiri, semisal lewat yoga atau mendengarkan musik yang menenangkan di sela-sela kesibukanmu untuk menyegarkan pikiran. Juga, hindari hal-hal yang memberi pengaruh toksik, mulai dari hubungan pertemanan, media sosial, atau mungkin hubunganmu dengan sang pacar.


    2. Lingkaran Pertemanan Memengaruhimu

    Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang akan membantu kamu mencapai tempat yang kamu inginkan dalam hidup. Lingkaran pertemanan, keluarga, dan rekan kerja akan sangat memengaruhi seperti apa dirimu di masa depan. Jika kamu dikelilingi oleh para rekan kerja yang berkeinginan kuat untuk sukses, kemungkinan besar dirimu pasti akan terdorong untuk ikut berambisi dan menjadi seseorang yang sukses juga. Selain itu, kalau kamu berada di lingkungan kerja yang cerdas, positif dan suportif, melalui percakapanmu dengan mereka, kamu secara tidak langsung akan ikut mendapatkan pembelajaran baru yang sebelumnya belum pernah kamu dapatkan.


    3. Wear Sunscreen!!

    Jika saat ini kamu belum membiasakan diri memakai sunscreen, hentikan segala aktivitas yang kamu lakukan sekarang dan aplikasikan sunscreen-mu sekarang juga. Bahkan kalau kamu berada di dalam rumah seharian! Selain melindungi kulitmu dari pengaruh buruk sinar matahari, pemakaian sunscreen di usia dini dapat membantu kamu menghambat penuaan kulit di wajah dan menghindari kamu dari kanker kulit. So, tunggu apa lagi? Pakai sunscreen-mu sekarang!


    4. Abadikan Momen Menyenangkan yang Kamu Lalui


    Di usia ini kamu akan mengalami masa-masa terbaik dalam hidup, oleh karena itu, saran dari Cosmo pastikan kamu mengabadikan sebanyak mungkin pengalaman dan peristiwa menyenangkan yang sedang kamu lalui. Dengan begitu memori tersebut tak akan lekang oleh waktu, dan kamu dapat menertawakan kembali tingkah lucu teman dan keluargamu melalui video dan gambar yang kamu abadikan.

     



    5. Media Sosial Tidaklah Sepenuhnya Nyata

    Perlu diingat bahwa media sosial adalah tempat untuk mengabadikan momen menyenangkan dan memorable di hidup, sehingga kamu tak perlu khawatir atau merasa tertinggal saat melihat aktivitas menyenangkan orang lain (yang bahkan tidak kamu kenal) di media sosial. Just remember, semua orang memiliki struggle dan masalah pribadi yang tidak mereka bagikan di media sosial. So, be happy!


    6. Less Overthinking!


    Semua hanya ada di pikiranmu. Pada kenyataannya semua orang akan terlalu sibuk memikirkan tentang dirinya sendiri, sehingga tak perlu khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentangmu. Just do whatever you want! (Asal tidak merugikan orang lain, ya!)


    7. Tidak Semua Hal Harus Berhasil Kamu Capai

    Pada akhirnya umur hanyalah sekedar angka. Kalau kamu belum mencapai goals dan hal lainnya yang kamu ingin capai di usia 20an, tenang saja! Lakukan semuanya secara perlahan tapi pasti. Kamu masih punya kesempatan di hari esok, esoknya lagi, dan tahun-tahun berikutnya. You got this!


    (Salsa Meilivia / VA / Image: Dok. Radu Florin on Unsplash, Helena Lopes on Unsplash, Kevin Delvecchio on Unsplash)