Better You

Bukan Cuma Remaja Histeris, Ini Dia Manfaat Fangirling Sesungguhnya!

  by: Redaksi       24/11/2021
  • Untuk kamu para fangirl, pernah enggak sih menerima komentar negatif dari orang-orang di sekitar bahwa kamu itu “bucin” banget alias “budak cinta” dengan artis atau idola yang merupakan bias kamu? Well, kegiatan fangirling memang sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Dari anggapan bahwa kegiatan ini “kurang kerjaan”, buang-buang waktu maupun uang, sampai sebutan alay, berbagai macam komentar negatif terkadang membuat kamu merasa down. 

    But don’t worry, girls! Menurut Cosmo, jika hal ini bisa membuat kamu bahagia dengan cara yang positif, just do it. Lagi pula perilaku fangirling ini juga banyak lho manfaatnya, check this out!

    Healing





    Fangirling ini merupakan salah satu aktivitas healing yang paling mudah dilakukan. Apalagi kalau kamu sibuk dan tidak bisa meluangkan banyak waktu serta energi ekstra untuk bersenang-senang, dengan modal gawai seadanya, kita bisa scrolling Twitter sambil membaca AU (alternate universe, duh), menikmati konten-konten dari sang idola seperti musik dan video-video yang menghibur, sehingga rasa lelah akan hilang seketika. Ditambah, aktivitas fangirling ini bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja, enjoy your ride~


    Networking



    Fangirling ini juga bisa memberikan kamu networking yang luas, lho. Apalagi kalau kamu bergabung dengan fandom yang besar dan kamu aktif di media sosial untuk berinteraksi dengan fans lainnya. Mungkin awalnya topik pembahasan kamu akan berputar di aktivitas sang idola saja, tapi ketika kamu sudah menemukan kecocokan dengan salah satu temanmu, kamu bisa menjadi teman baik yang saling membantu dalam hal personal maupun profesional, wow wow.


    Mengasah Skill Bahasa Asing



    Pernah enggak kamu ingin menikmati konten-konten idolamu tanpa harus dibantu dengan subtitle? Yes, fangirling juga bisa menjadi motivasi kamu untuk mempelajari bahasa-bahasa asing dengan semangat, lho. Kapan lagi bisa bersenang-senang sambil belajar di waktu yang sama? Selain itu, kemampuan bahasa asing yang sudah terasah juga bisa kamu gunakan sebagai skill yang bermanfaat, salah satunya seperti di bawah ini.



    Penghasilan Tambahan



    Kamu juga bisa memanfaatkan lingkungan fangirl-mu untuk mencari tambahan penghasilan lho, guys! Semisal, kalau kamu ahli dalam bahasa asing, kamu bisa menjadi seorang translator. Kalau kamu jago menulis, kamu bisa saja merilis fanbook. Dan jika kamu memiliki jiwa wirausaha yang tinggi, kamu bisa berjualan merchandise yang berhubungan dengan idola kamu. Jenis usaha di bidang fangirl ini cukup menjanjikan karena memiliki pasar yang loyal dan juga besar. Oh ya, jangan lupa juga untuk promosikan usaha kamu dengan networking yang sudah kamu dapatkan sebelumnya. Bagaimana, tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

    Nah, itu dia sederet manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bisa memaksimalkan fangirling dengan cara yang positif. Jangan terlalu menghiraukan komentar-komentar negatif mengenai kamu dan idolamu, ya. Just chill, enjoy, and be happy!


    (Tri Yuliati/ VA/ Image: Dok. Twitter @BTS_Bighit)