Better You

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kamu Tidak Minum Cukup Air

  by: Fariza Rahmadinna       29/11/2021
  • Salah satu kebiasaan sehat yang harus kamu terapkan adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum cukup air. Pasalnya, air memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu untuk dapat menunjang kinerja organ di dalam tubuh.


    Tiap orang bisa memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan, namun rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 8-10 gelas air putih per hari. 8 gelas adalah rata-rata kebutuhan air putih orang dewasa dengan aktivitas ringan-sedang, sedangkan 10 gelas adalah rata-rata kebutuhan air putih orang dewasa dengan aktivitas berat.




    Lantas, apa yang bisa terjadi jika kamu tidak minum cukup air? Berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi pada tubuh saat kamu tidak minum cukup air putih. 



    1.Kehilangan energi dan kelelahan


    Menurut sebuah penelitian tahun 2011 yang dilakukan oleh para peneliti dari University of North Carolina dalam jurnal Nutrition Reviews, saat tubuh kekurangan air atau dehidrasi, aliran hormon dan nutrisi dapat terhambat masuk ke dalam sel, menghambat proses pembuangan kotoran, dan membuat membran sel menjadi kurang permeabel — tidak memungkinkan bagi cairan untuk masuk melewatinya. Akibatnya, kamu akan kehilangan energi dan mudah merasa lelah.


    Saat mengalami dehidrasi, jantung juga harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan aliran darah ke otak. Ketika jantung tidak mampu lagi mempertahankan tugasnya, ini membuat otak tidak mendapatkan cukup aliran darah yang bisa menyebabkan kamu jatuh pingsan.


    2.Mengalami penurunan daya ingat


    Dehidrasi dapat menurunkan kemampuan dan fungsi otak. Hal ini terjadi karena semua sinapsis dan neuron pada otak membutuhkan cairan untuk dapat berfungsi dengan baik. Sebuah studi dari tahun 2011 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients menunjukkan bahwa minum air putih dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penurunan daya ingat. Penelitian lainnya di tahun 2014 yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa dehidrasi parah dapat memengaruhi fungsi kognitif dan memori jangka pendek.


    3.Mengalami penurunan fokus


    Selain dapat menyebabkan penurunan fungsi otak dan daya ingat, dehidrasi juga dapat menyebabkan penurunan fokus. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Georgia Institute of Technology yang dipublikasikan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, dehidrasi dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk fokus dalam melakukan pekerjaan harian.


    4.Memengaruhi suasana hati


    Hal lainnya yang dapat terjadi pada tubuh saat kamu tidak cukup minum air putih yaitu dapat memengaruhi suasana hati (mood) — mudah tersinggung dan rewel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Connecticut yang mengamati kebiasaan minum air putih 120 perempuan usia kuliah, perempuan yang minum banyak air putih memiliki suasana hati yang lebih baik — ketegangan, depresi, dan kemarahan berkurang. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa dehidrasi dapat menimbulkan rasa kantuk yang parah dan sakit kepala.


    5.Memperlambat metabolisme


    Saat tubuh kekurangan cairan, metabolisme pun melambat. Hasilnya, kamu merasa kelelahan, berisiko mengalami kenaikan berat badan, sembelit, pusing, kulit kering, dan rambut rontok.

    Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2003 yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum 500 mL air (sekitar dua gelas) dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30 persen.


    6.Memengaruhi kesehatan kulit


    Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membuat kulit tampak lebih sehat dan glowing. Ketika kamu tidak minum cukup air putih, ini dapat meningkatkan efek penuaan, membuat kulit kering, mengelupas, dan terlihat tidak segar. Dengan asupan air yang tidak tercukupi, kolagen dapat retak, serta menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.


    7.Kinerja olahraga menjadi buruk


    Tahukah kamu kalau ternyata tanpa air yang cukup, tubuh tidak dapat secara efisien mengubah karbohidrat menjadi energi? Seperti yang ditujukan dalam sebuah penelitian tahun 2015 di The Physiological Society, kekurangan cairan di dalam tubuh dapat menghambat proses pemecahan lemak dan karbohidrat, yang dapat menyebabkan kamu kekurangan energi, berisiko mengalami kenaikan berat badan, dan memiliki kinerja olahraga yang buruk.


    8.Meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal


    Dampak buruk lainnya yang dapat ditimbulkan saat kamu tidak cukup minum cukup air putih yakni bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal. Menurut sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal BMC Cardiovascular Disorders, air membantu ginjal membuang kotoran di dalam tubuh. Jika tidak minum cukup air, kotoran -- bersama dengan sederet zat asam -- dapat menumpuk dan membuat ginjal tersumbat. Ini dapat menyebabkan batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Bahkan, dehidrasi juga dapat menyebabkan gagal ginjal akut.




    Itulah beberapa hal yang dapat terjadi jika kamu tidak minum cukup air putih. Mulai sekarang, jangan sampai malas untuk minum air putih ya, girls agar kebutuhan cairan harianmu terpenuhi dan terhindar dari beberapa gangguan kesehatan.


    (Fariza Rahmadinna/VA/Image:Doc. Karolina Grabowska on Pexels)