Better You

Bagaimana Cara Memperbaiki Reputasi yang Rusak?

  by: Redaksi       13/12/2011
  • Ugh, saat ini Anda sedang kesal sekali. Reputasi yang secara telaten Anda pupuk selama ini bisa dengan mudahnya terurai hanya karena satu kesalahan yang Anda lakukan. Alhasil, jatuhlah reputasi Anda sebagai orang yang bisa dipercaya. Padahal hal ini merupakan aset terpenting dalam karier lho. Memiliki reputasi buruk sangat bisa membuat Anda tak kunjung mendapatkan promosi, atau terus-menerus disisihkan dalam berbagai projek penting perusahaan. Ladies, tepiskan kegelisahan Anda, karena apabila saat ini Anda sedang mengalami masalah yang menjatuhkan nama baik, Tanya Carier, business expert, membagikan trik untuk memperbaiki reputasi Anda kembali.

    Mengaku Melakukan Kesalahan



    Anda telah menunjukkan komitmen untuk bertanggung jawab ketika masalah sudah jelas diketahui oleh kolega, bahkan di kondisi yang bisa menjatuhkan nama baik Anda sekalipun. Anda harus menerima bahwa kesalahan dapat terjadi di saat yang tak terduga, meskipun perencanaan yang matang telah disusun.

    Tetap Tenang dan Profesional

    Anda tidak akan memiliki risiko kehilangan pekerjaan Anda bila Anda mengakui kesalahan yang diperbuat, menerapkan rencana yang sudah disusun dengan baik, dan menyediakan solusi. Jaga agar kepala Anda tetap dingin dan tidak mencari kambing hitam dari permasalahan yang terjadi. Tetaplah bersikap sebagai seorang profesional di tempat kerja.



    Tunjukkan Anda Tidak Akan Mengulangi Kesalahan yang Sama

    Diskusikan solusi yang ada di kepala Anda dengan kolega supaya mereka mengetahui apa saja yang Anda pikirkan tentang berbagai macam situasi yang mungkin terjadi. Selain itu dengan menunjukkan bahwa Anda memiliki solusi terhadap masalah, maka Anda telah menunjukkan kepada bos dan kolega bahwa Anda tahu cara mengatasi permasalahan tersebut.

    Perkuat Reputasi Baik Anda Kembali

    Jika Anda berhasil memperbaiki kesalahan yang diperbuat dan memberikan hasil positif, jangan heran bila reputasi Anda akan muncul kembali sebagai seseorang yang terpercaya, jujur, dan memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah. Percayalah, tak lama reputasi Anda pun akan menjadi gemilang kembali. (Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok.Google)