Better You

Tip Mencegah Jet Lag Saat Berpergian

  by: Redaksi       16/12/2011
  • Liburan yang panjang di akhir tahun menjadi menjadi momen yang tepat untuk berpelesir dengan pasangan. Tapi hati-hati jika Anda berniat untuk pergi jauh ke benua seperti Eropa atau Amerika yang memiliki daerah waktu yang berbeda, karena pastinya jam tidur Anda akan terganggu.Yup, we call that jet lag. Yang akan Anda rasakan di sini mencakup kelelahan, insomnia, dan sakit kepala. Untuk mengatasinya Cosmo punya beberapa cara berikut. Simak!

    Ubah Jam Tidur Anda

    Secara bertahap atur kembali waktu tidur Anda. Dr. Don R. Powell merekomendasikan untuk memulainya tiga hari sebelum kepergian Anda. Jika Anda pergi ke arah barat, coba deh untuk tidur lebih larut, dan tidurlah lebih awal bila Anda menuju ke arah timur. Saat tiba, jika hari masih siang dan Anda mulai mengantuk, sebisa mungkin jangan tidur hingga malam tiba. Segera atur rencana untuk menghabiskan waktu Anda di luar ruangan.



    Hindari Konsumsi Kafein

    Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan beberapa jenis minuman soda. Meskipun kafein sebenarnya dapat membuat Anda terjaga lebih lama, namun akan ada “efek samping” lainnya seperti mengurangi kualitas tidur Anda nantinya karena kerap terbangun. Lebih baik tahan “adiksi” kafein Anda sampai pagi hari, ladies.

    Atur Kembali Diet Anda



    Charles F. Ehret, Ph.D dari Argonne National Laboratory, Illinois, memaparkan diet yang cocok untuk mengatasi jet-lag. Tiga hari sebelum perjalanan, konsumsi makanan yang sarat protein, seperti daging ayam untuk sarapan dan makan siang. Untuk makan malam, santap hidangan yang tinggi karbohidrat seperti pasta. Keesokan harinya, konsumsi makanan ringan yang terdiri dari buah-buahan, sup kaldu daging, salad, dan roti panggang kering. Pada hari ketiga, ulangi diet yang sama seperti hari pertama.

    Minum Air yang Cukup

    Udara di dalam kabin pesawat sangat kering, belum lagi ditambah dehidrasi akibat perubahan ketinggian udara. Hal ini akan membuat tubuh Anda membutuhkan cairan yang cukup. Untuk itu, minumlah air putih setidaknya dua liter setiap jamnya, meskipun Anda sebenarnya tidak haus. Jika Anda menggunakan contact lens, sebaiknya dilepaskan sebelum penerbangan untuk melindungi dari mata kering. (Calvin Hidayat/SL/Gambar : Dok. Google)