Better You

Trik Untuk Mendapatkan Gaji yang Pantas

  by: Redaksi       19/12/2011
  • Jika Anda kerap merasa perusahaan memberikan bayaran yang terlalu kecil, maka sudah sewajarnya bila Anda menginginkan kenaikan. Bagaimana tidak, gaji selalu habis di pertengahan bulan, padahal Anda sudah mengelola budget pengeluaran dengan sangat ketat.

    OK, now you feel like you deserve a raise. Masalahnya, Anda tidak tahu harus memulai dari mana. Well, tenang saja ladies. Tanya Carter, pakar bisnis, akan membagikan kepada Anda empat langkah terbaik untuk mendapatkannya. Simak!

    Yakin Bahwa Anda Memang Pantas



    Anda akan tampil lebih percaya diri di hadapan bos bila Anda tahu value diri Anda yang sebenarnya. Untuk itu, tuliskan semua pencapaian dan tantangan yang berhasil Anda selesaikan selama bekerja. Anda juga bisa lho mempresentasikan berbagai ide terkait pengembangan perusahaan, untuk menunjukkan kerugian perusahaan bila kehilangan orang seperti Anda.

    Lakukan Riset Tentang Standar Gaji

    Coba deh cari tahu range gaji yang umumnya ditawarkan dalam dunia profesi yang Anda jalani saat ini, dan diskusikan kepada teman-teman Anda mengenai pendapatan dan tunjangan yang mungkin Anda terima bila bekerja di perusahaan lain. Hal ini penting untuk mengetahui apakah kenaikan gaji yang Anda minta sesuai dengan posisi pekerjaan Anda saat ini.



    Tentukan Gaji yang Diinginkan

    Saat bernegosiasi, jelaskan mengapa Anda layak untuk mendapatkan gaji yang besar. Bila perusahaan memuji hasil kerja Anda, terima dan katakan, “Saya menghargai pujian Anda, tetapi yang saya inginkan saat ini adalah kenaikan gaji.” Kemudian berikan besaran gaji yang Anda inginkan, ditambah 20 persen. Jadikan penambahan 20 persen ini sebagai batas penurunan gaji yang bisa Anda berikan saat bernegosiasi.

    Jangan Emosional

    Pada saat bernegosiasi, pasanglah sikap yang tenang, tatap mata sang bos, lalu katakan dengan sopan dan percaya diri bahwa Anda layak untuk mendapatkan kenaikan gaji. Jangan gegabah! Jika Anda membuat ancaman—seperti Anda akan segera resign dan pindah ke perusahaan lain bila permintaan kenaikan gaji tidak diberikan—maka bersiaplah untuk menindaklanjuti ucapan Anda.(Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok.Google)