Better You

4 Trik Simpel untuk Menenangkan Diri

  by: Redaksi       20/12/2011
  • Setelah pertengkaran hebat dengan pasangan, orangtua memberikan “kuliah” panjang di tempat umum, atau ketika Anda melakukan kesalahan besar dalam pekerjaan dan si bos siap memberikan surat peringatan, memiliki perasaan grogi, stres atau panik sangatlah wajar. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana caranya agar tetap tenang dalam segala situasi, ikuti saja empat trik berikut.

    Atur Gerakan Tubuh

    Orang akan cenderung gelisah ketika merasa gugup. Maka dari itu, coba senantiasa ingatkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu yang ampuh untuk meregangkan saraf-saraf yang tegang. “Menyilangkan pergelangan kaki dapat membantu menenangkan diri Anda,” jelas Lillian Glass, PhD, pengarang I Know What You're Thinking.



    Tarik Napas Yang Dalam

    Jika Anda mendadak merasa sesak napas ketika panik menyerang, segera kendalikan ritme napas Anda dengan alur yang lebih pelan. “Menghirup udara dalam-dalam lima hingga sepuluh kali, dapat membantu mengurangi pikiran Anda yang sedang kacau,” lanjut Glass.

    Rilekskan Wajah



    Jangan biarkan emosi Anda membuat wajah terlihat stres. “Latihan relaksasi di seputar wajah akan membuat Anda memunculkan ekspresi yang tentram,” ujar Glass. Lakukan latihan yang merilekskan wajah, dimulai dari dahi, lalu turun menuju mata, pipi, bibir, dan dagu. Ini akan mencegah kebiasaan mengernyitkan alis yang berpotensi menimbulkan keriput.

    Tenangkan Emosi Anda

    Panik dapat dengan mudah menyebar, terutama jika Anda seseorang yang mudah meledak-ledak. So, bila Anda tipe orang yang kerap terobsesi untuk overthinking suatu masalah, maka sudah saatnya Anda berkata, "Stop!". Hentikan pikiran yang menganggu sehingga Anda bisa kembali ke diri Anda yang sebenarnya. “Ketika pikiran Anda sudah tenang, tubuh Anda pun akan terlihat tidak tegang kembali," tuntas Glass. (Calvin Hidayat/SL/Gambar:Dok. Google)