Better You

Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami

  by: Redaksi       18/12/2012
  • Memiliki rambut indah pastinya selalu bisa menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri. Everyone wants to be the center of attention, right? Admit it, ladies! Maka untuk menyempurnakan tampilan mahkota, mulai sekarang masukan daftar berikut ke dalam daftar belanjaan Anda.

    Minyak Lavender

    Selain dapat membuat pikiran Anda relaks, minyak lavender merupakan salah satu minyak alami terbaik untuk rambut.



    Tidak hanya akan membalut tiap helai rambut Anda dengan aroma yang memikat, minyak lavender dengan kandungan esensial di dalamnya juga efektif mencegah rambut rontok dan bekerja untuk melawan minyak berlebih.

    Dengan mencampur 15 tetes minyak esensial lavender dan 2 sendok makan minyak almond atau zaitun, Anda bisa mulai perawatan rambut sendiri.

     

    Lidah Buaya

    Sama seperti kebanyakan cara yang sejak lama digunakan wanita di Indonesia, wanita di Argentina juga memanfaatkan lidah buaya untuk memelihara kesuburan dan kesehatan rambutnya.

    Kandungan glycoprotein sangat berperan dalam menghasilkan rambut yang lembut. Terlebih dengan sifat antibakteri yang dimiliki  lidah buaya, juga dapat membantu mengurangi sebum, minyak dalam tubuh yang dapat menghalangi pertumbuhan folikel rambut yang baru.

    Cukup gunakan cairan lidah buaya sebagai masker rambut lalu bilas rambut Anda.

     

    Baca juga: DIY Masker Alami untuk Menebalkan Rambut


    Wortel

    Tak usah bingung lagi mencari cara untuk memperbaiki kondisi kulit kepala kering. Tumbuhan yang tumbuh di daerah subtropis ini juga dapat digunakan sebagai hair tonic untuk menjaga kelembapan kulit kepala akibat kerusakan kolagen.



    Sebaiknya,  hair tonic dari wortel ini digunakan untuk Anda yang memiliki keluhan rambut kering dan rapuh. Caranya, manfaatkan air perasan umbi wortel  lalu usapkan secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. 

     

    Daun kemangi

    Seringkali, saat usia rambut mulai menua, folikel rambut  banyak yang tidak maksimal bekerja. Daun kemangi memiliki sifat antioksidan, dengan kandungan orientin dan vicenin mampu membantu meremajakan folikel rambut.

    Selain itu, daun kemangi juga mengandung eugenol, yang bertindak sebagai anti-inflamasi, dan merupakan sumber magnesium  yang baik untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

     

    Baca Juga:

    Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

    7 Penyebab Utama Rambut Rontok!

    5 Tonik Andalan untuk Menebalkan Rambut

     

    (Muhtar Rais/HA/Image: Hemera/Thinkstock)