Better You

4 Fakta Kondom yang Tidak Anda Ketahui

  by: Adya Azka       4/12/2013
  • Safe sex bersama pasangan adalah langkah baik. Tapi tahukah Anda kelanjutan dan dampak kondom yang telah digunakan?

    The Facts
    Kondom yang saat ini beredar rata-rata memiliki dua jenis bahan dasar, yakni plastik dan lateks. Kondom dengan bahan dasar plastik tentu saja sulit untuk hancur dengan tanah. Sementara untuk bahan lateks, walaupun berbahan dasar organik, membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai, Tidak mengherankan, sampahnya bertebaran di berbagai tempat oembuangan. Bahkan, organisasi Ocean Conservacy sampai menemukan sampah kondom berada di terumbu karang dan rumput laut!

    Common Mistake
    Satu hal yang harus diketahui saat selesai menggunakan kondom: Jangan pernah sekali pun membuangnya ke dalam toilet! Sayangnya, hal ini masih banyak dilakukan oleh kaum pria. Cosmo beri tahu, saat menaruh kondom di toilet dan menekan flush, ada banyak kemungkinan saluran air akan tersumbat. Malah yang terburuk, benda tersebut dapat merusak sistem peredaran air.



    Make It Proper
    Saat membuangnya, pastikan kondom dalam keadaan yang layak atau tertutup. Jangankan orang lain, Anda pasti juga malas melihat benda tersebut tergeletak di sembarang tempat. Bungkus dengan tisu atau kertas yang mudah didaur ulang dengan baik, lalu buanglah ke tempat sampah. Jadi, selalu ingatkan pasangan untuk membuangnya di tempat yang benar, ya.



    The Alternative
    Kandungan estrogen dan progestin yang terdapat dalam pil, menjadikannya salah satu opsi untu kontrasepsi. Selain lebih mudah, sampah yang dihasilkan lebih sedikit jika dibandingkan dengan penggunaan kondom. Saat memilih menggunakan pil, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar disesuaikan dengan metabolisme tubuh masing-masing penggunanya. (Rienjani Putri/FT/Image: thinkstock)

    tags: kondom, sex, buang, benda