Better You

Right Toys For Right Age

  by: Hagi       10/12/2013
  • Dunia anak adalah dunia bermain. Jadi memilih mainan yang tepat untuk Buah Hati Anda adalah sebuah keharusan. Cosmo Pregnancy akan memberikan panduan bagi Anda tentang beragam pilihan mainan sesuai usia, mulai bayi hingga balita.

    - Usia 0-12 Bulan

    Pemberian mainan di usia bayi, sejak ia lahir hingga 12 bulan harus memperhatikan faktor keamaannnya. Yang terpenting jangan memberi mainan yang dapat membuat bayi tersedak atau sesak napas. Pastikan setiap mainan untuk bayi terbuat dari bahan bebas racun, bisa dicuci, dan tak mudah terbakar. Karena ukuran tangan bayi yang masih mungil, sebaiknya pilih mainan berukuran sedang dan berwarna cerah.
    Selain itu mainan untuk anak di rentang usia ini bebas dari tempelan-tempelan seperti kancing atau hiasan kecil. Hal ini guna mencegah kemungkinan kancing atau hiasan itu jatuh lalu dimakan oleh Si Bayi. Mainan bergemerincing dan teether untuk bayi harus terbuat dari bahan plastik yang tidak mudah pecah dan berbentuk bulat tanpa siku. Mainan lain yang bisa diberikan adalah bola kecil yang berbunyi dengan gambar besar serta berwarna-warna. Mainan ini dapat digunakan sebagai alat bantu pada perkembangan gerakan mata Si Kecil saat bola bergelinding dan membantu ia merangkak sambil mengejar bola.



    - Usia 12 – 18 Bulan

    Setelah melewati ulang tahun pertamanya, biasanya seorang anak sudah dapat berdiri dan duduk tegak. Sebagian anak sudah bisa berjalan, sebagian lagi masih belajar berjalan dengan ditatah. Anak di usia ini menyukai segala hal yang berhubungan dengan menggerakkan benda seperti mainan yang bisa dibuka-tutup, mainan yang saat dipencet mengeluarkan suara, dan bermain ci-luk-ba.
    Si Kecil juga menyukai permainan balok seperti lego namun dengan ukuran yang besar sehingga meminimalisasi kemungkinan tertelan Si Kecil dan jumlah yang tidak terlalu banyak. Anda dapat memberikan lego yang dapat dibentuk binatang seperti gajah, buaya, atau macan hanya dengan menyusun tiga bricks saja. Sebab susunan bricks yang terlalu banyak dapat membingungkannya.
    Mainan yang dapat dinaiki seperti sepeda atau kuda-kudaan relatif aman untuk anak yang sudah dapat berjalan, namun berbahaya bagi Si Kecil yang masih belum bisa melangkah. Meski begitu, saat bermain Anda harus tetap mengawasi Si Kecil agar ia tidak terjatuh. (Lenny Delima/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)



     

    tags: baby, toys, usia