Better You

Lakukan Kebiasaan Ini Agar Tidak Cepat Lupa

  by: Redaksi       19/12/2013
  • Ada julukan baru yang diarahkan buat Anda: si Miss Forgetful, begitu katanya. Belakangan ini memang begitu? Don't worry dear. Luangkan waktu Anda untuk membaca artikel ini dan mulai atasi dengan trik Cosmo berikut ini.

    Mudah Dijangkau dan Letak Yang Sama
    Kalau selama ini Anda selalu bermasalah menemukan benda-benda dan barang kesayangan, mari mulai menatanya. Letakkan barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau. Anda bisa menentukan sendiri area khusus untuk menaruh satu benda. Atau kelompokkan barang sesuai jenisnya dan jangan mengubah lokasi penyimpanan untuk mempermudah Anda saat mencarinya. Selain membantu Anda untuk disiplin, tentunya akan membuat rumah atau kubikel Anda tetap rapi dan mudah saat dibersihkan.

    Catatan Kecil
    Cara lain Anda harus mulai menggunakan catatan kecil untuk mengingat segala kegiatan atau daftar tugas yang akan Anda lakukan. Saat tangan Anda bergerak mencatat segala pengingat tersebut ternyata mampu membantu otak dalam proses menyimpan memori. Bila ingin lebih praktis, gunakan reminder di smartphone Anda.



    Permainan Asah Otak
    Sering melakukan kegiatan kreatif, semisal bermain game asah otak dan catur, akan membuat otak Anda sehat. Kegiatan ini juga bisa mengurangi risiko menurunnya kinerja otak untuk mengingat sebesar 32% dibanding mereka yang jarang atau tidak ingin memainkan permainan tersebut. Hal lain, dari penelitian yang dilakukan oleh Rush University Medical Center,  menemukan fakta bahwa kegiatan membaca akan memberikan manfaat untuk menguatkan memori Anda di tahun-tahun berikutnya.



    Pola Tidur Baik dan Asupan Sehat
    Tidur berfungsi untuk mengistirahatkan dan meregenerasi otak. Jadi terapkan pola tidur yang cukup. Sehingga ketika bangun, otak Anda menjadi segar kembali. Anda juga harus memerhatikan asupan untuk tubuh. Minumlah air putih 6 -8 gelas air putih sehari. Sebab air putih dapat membantu seluruh fungsi organ tubuh bekerja lebih optimal. (Muhtar Rais/SW/Image: Photodisc/Thinkstock)