Better You

Cara Unik Hidup Lebih Sehat

  by: Redaksi       5/12/2014
  • Ada banyak metode yang bisa dipilih untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh Anda. Beberapa cara sehat ini mungkin terdengar sedikit unik, tapi faktanya menyehatkan lho dear! Harus dicoba!

    Kopi Untuk Tidur yang Baik
    Bukankah kafein dalam kopi akan membuat Anda terjaga dan peningkatan energi? Yes its true, dear! Dalam kasus ini, di Jepang kebiasaan meminum kopi (sejumlah 200 miligrams atau sekitar 1-2 gelas) lalu beristirahat selama 20 menit ternyata membuat orang tersebut lebih siaga dan memiliki performa lebih baik dibanding yang hanya beristirahat tanpa meminum kopi lebih dulu. Singkatnya, 20 menit istirahat Anda ditambah kafein yang ada dalam kopi membersihkan adenosine. Adenosine inilah “biang keladi” yang membuat Anda merasa lelah dan menurunkan kewaspadaan.

    Jangan Langsung Sikat Gigi Sehabis Makan
    Menjaga kebersihan gigi pasti selalu Anda lakukan, terlebih pasti sehabis makan. Namun, bila makanan yang baru saja Anda habiskan termasuk ke dalam golongan acidic yaitu jeruk, minuman berenergi, tomat, atau soda sebaiknya tunda dulu untuk menyikat gigi. Makanan yang tergolong ke dalam acidic akan melemahkan enamel gigi. Serangannya akan semakin cepat bila Anda langsung menyikat gigi. Jadi tunggu 30-60 menit setelah Anda makan.



    Pola Makan
    Sedikit makan tapi sering atau Anda kerap langsung makan dalam porsi besar? Teranyata kebiasaan pertama akan makin membuat Anda tak akan berhenti makan. Pasalnya, saat Anda mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah kecil, gula darah akan membuat tubuh Anda menginginkannya lagi dan lagi. Cobalah mengonsumsi protein seperti peanut butter atau potongan keju dengan apel. Kalori dalam makanan tersebut memang besar, tapi protein dan lemak akan membuat Anda kenyang dalam jangka waktu lama. So, tak akan membuat Anda ingin makan lagi.



    Minuman Hangat Untuk Mendinginkan Tubuh
    Saat cuaca panas, dalam bayangan Anda pasti terbayang berbagai minuman dengan kata “Es” di depannya. Namun hasil beberapa penelitian, justru Anda harus memium minuman hangat saat cuaca panas. Seperti di India, kebiasaan ini banyak dilakukan. Alasannya, saat Anda menyesap minuman hangat, tubuh akan mengenali perubahan temperatur dan meningkatkan produksi keringat. Saat tubuh mulai berkeringat secara alami maka suhu tubuh juga akan menurun. (Muhtar Rais/IR/Image: Wavebreakmedia Ltd./Wavebreak Media/Thinkstock)