Better You

Si Tujuh Minyak Penyembuh

  by: RedaksiCosmopolitan       9/12/2014
  • Musim pancaroba memang dapat memunculkan berbagai penyakit. Calm down, dear. Tujuh minyak ajaib berikut bisa jadi “penyelamat” untuk beberapa kondisi darurat.

    Tea Tree

    Ternyata tea tree oil sangat bermanfaat untuk mencegah jamur, menjadi bahan antiseptik dan antibakteri. Bahkan ketika Anda memasukan sedikit minyak ini pada sampo, ketombe dapat dihindari. Fungsi lain yang tidak kalah menarik adalah minyak tea tree ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat, ladies.

    Peppermint



    Ketika Anda sedang merasa lemas dan pusing, wangi minyak peppermint dapat kembali meningkatkan energi dan performa Anda. Pusing pun berangsur-angsur hilang karena kesegaran aromanya yang menenangkan.

    Lavender


    Berbagai penelitan telah membuktikan bahwa lavender dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Minyak ini sangat tepat digunakan ketika Anda sedang mengalami kesulitan tidur. Hirup aroma minyak lavender beberapa saat sebelum tidur dan selamat tidur pulas.

    Lemon

    Kalau biasanya lemon lebih sering dijadikan asupan diet, kini Anda harus tahu kegunaan lainnya. Setelah diteliti oleh para profesional dari Jepang, menghirup wangi minyak lemon dapat menciptakan sebuah formula anti-depresi yang juga dapat menormalkan tingkat hormon. Jadi, ketika emosi sudah meningkat langsung buka tutup botol minyak lemon, ya.



    Black Pepper

    Sudah mencoba berbagai cara untuk berhenti merokok tapi tidak berhasil? Cobalah hirup minyak black pepper. Aroma minyak black pepper dapat memberikan rasa iritasi di tenggorokan yang biasanya menjadi sensasi para perokok. Hal inilah yang nantinya dapat membuat para perokok dapat perlahan-lahan berhenti merokok.

    Jahe

    Memang khasiat jahe sudah banyak terbukti. Tidak hanya dicampurkan ke dalam makanan atau minuman saja tetapi ketika jahe dibuat minyak dan Anda menghirup aromanya, rasa mual dapat hilang seketika.

    Eucalyptus

    Cuaca di musim penghujan ini memang sangat rentan untuk hidung Anda. Ketika Anda sudah merasakan hidung tersumbat, campurkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam air hangat lalu ambil handuk dan masukan ke dalam air tersebut. Peras hingga tidak terlalu banyak air dan taruh di atas wajah. Kemudian, tarik napas dan hidung Anda pun akan terasa lebih lega. (Aulia Meidiska / VP / Image: dolgachov / iStock / Thinkstock