Better You

5 Cara Simple Jaga Kesehatan Miss Cheerful

  by: Adya Azka       10/12/2014
  • Sebagai wanita, menjaga kebersihan itu sudah menjadi hal utama, apalagi menjaga kebersihan Miss Cheerful. Nah, supaya daerah ini selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari bakteri, yuk terapkan hal-hal sederhana di bawah ini!

    Tetap Bersih Saat Haid
    Gantilah pembalut sebanyak dua hingga tiga kali secara bertahap ketika sedang datang bulan, karena apabila pembalut yang menampung darah tidak diganti selama satu hari bisa menjadi sarang bakteri yang menyebabkan iritasi. Ouch! Selain itu, sering-seringlah membasuh daerah kewanitaan Anda dengan air hangat dan cairan pembersih khusus kewanitaan. Pastikan juga kulit sekitarnya dalam keadaan kering.

    Kenakan Celana Dalam Berbahan Katun
    Hindari penggunaan undies berbahan satin, poliester, atau lycra. Sebaliknya, pilihlah yang berbahan katun. Mengapa? Bahan ini lebih mudah menyerap keringat dan cepat kering sehingga sirkulasi udara di area tersebut lebih baik.  Penggunaan bahan ini bisa mencegah terjadinya infeksi jamur karena area yang lembap.



    Kenakan Pakaian Longgar
    Skinny jeans, legging, atau body-con dress memang membuat penampilan lebih menarik. But wait! Model pakaian seperti ini dapat menyebabkan kulit lembab dan kemerahan lho, terlebih lagi di daerah Miss Cheerful.  Jadi sebaiknya jangan terlalu sering menegnakan pakaian yang terlalu ketat.



    Yuk, Rapikan Rambut!
    Rajinlah merapikan rambut-rambut yang tumbuh di daerah kewanitaan Anda sebagai salah satu cara menjaga kesehatan Miss Cheerful. Ini bisa dilakukan dengan cara mengguntingnya, mencukur, atau waxing. Pastikan terlebih dahulu alat yang digunakan steril, ya. 

    Hati-hati di Toilet Umum
    Ladies, toilet umum merupakan salah satu sarang bakteri dan penyakit kelamin. Yes! Pastikan Anda selalu membawa tisu basah dan tisu kering untuk membersihkan Miss Cheerful. Perlu diingat: Bersihkan dulu tempat duduk toilet sebelum menggunakan toilet umum, karena dudukan toilet bisa jadi sarang bakteri. Keep alert! (Rachelle Kandou/VP/Image: Ed Hidden/iStock/Thinkstock)