Better You

5 Manfaat Sabar

  by: RedaksiCosmopolitan       15/12/2014
  • Hidup di kota besar, tentu banyak tuntutan yang membuat Anda dipaksa untuk bergerak cepat. Seringkali juga kata “sabar” sudah benar-benar hilang. Padahal memiliki rasa sabar itu banyak manfaat lho. Simak!

    1. Memberi Ketenangan pada Tubuh dan Pikiran

    Kesabaran membuat tubuh dan pikiran jauh lebih tenang. Anda tak terbebani dengan target yang ingin Anda capai, juga tidak mudah stres karena selalu memaksa diri untuk bergerak cepat.



    2. Menikmati Proses

    Terburu-buru membuat Anda terus berusaha dan hanya melihat target saja. Tarik nafas dalam-dalam dan tenangkan diri karena setiap proses sangat berharga untuk dinikmati. Dan tentu saja banyak hal baru yang bisa Anda dapatkan dari proses itu sendiri – yang tidak akan pernah Anda rasakan ketika Anda berada dalam keadaan tertekan dan terburu-buru.


    3. Menyeimbangkan Tempo dengan Lingkungan

    Bukan hanya Anda saja yang terkena dampak ketidaksabaran, lingkungan di sekitar Anda pun ikut merasakannya. Orang di sekitar Anda bahkan bisa lelah karena melihat Anda tergesa-gesa tanpa jeda. Karena itu dengan kesabaran justru keseimbangan dengan lingkungan akan terjaga dengan baik.



    4. Hidup Damai

    Daniel Baugher, seorang dekan pascasarjana di Universitas Pace, New York City berpendapat bahwa ketidaksabaran dapat menyebabkan kegelisahan, kebencian, dan permusuhan. Jika Anda memupuk rasa sabar, maka Anda akan merasakan hidup lebih damai karena setiap hal yang Anda lakukan mengalir dengan sendirinya. Just let everything flow, dear!

    5. Menjauhkan Anda dari Banyak Penyakit

    Benar sekali! Bersikap sabar ternyata bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit mematikan, seperti sakit jantung dan darah tinggi. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association pada tahun 2003, orang yang tidak memelihara kesabaran pada usia 18-30 tahun, memiliki kemungkinan besar mengalami tekanan darah tinggi di kemudian hari. (Indira Listyarini / VP / Image: David De Lossy / Digital Vision / Thinkstock)