Better You

5 Daftar yang Harus Dibuat Sebelum Akhir Tahun

  by: Redaksi       16/12/2014
  • Ya, tak terasa sebentar lagi sudah akhir tahun. Apa saja yang sudah terjadi dalam hidup Anda di sepanjang tahun ini, ladies?? Nah, sambil mengesap segelas coklat panas, yuk tulis kembali momen-momen itu dengan membuat daftar penting berikut ini.

    1. Daftar Prestasi

    Buatlah daftar prestasi Anda selama setahun ini dalam hal apa pun. Contohnya seperti prestasi yang didapatkan di kantor, prestasi menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat, atau bahkan sekadar mendapatkan pasangan baru. Dengan membuat daftar ini, Anda bisa mengetahui (bahkan terkejut) dengan berbagai pencapaian yang telah Anda raih selama setahun belakangan ini. Dan pada akhirnya, Anda jadi dapat lebih menghargai setiap usaha yang telah dilakukan dan tahu bagaimana cara memberikan reward untuk diri sendiri di kemudian hari.

    2. Daftar Kesalahan dan Pelajaran Hidup

    Satu-satunya kegagalan terburuk dalam hidup adalah gagal belajar dari kesalahan. Oleh karena itu, untuk memotivasi diri di tahun depan, buatlah daftar kesalahan yang telah Anda lakukan, dan apa yang dapat Anda pelajari dari hal tersebut. Tujuannya agar Anda berpikir dua kali ketika ingin melakukan kesalahan yang sama di masa depan.

    3. Daftar Pembuat Bahagia



    Humor adalah obat terbaik bagi otak dan tubuh yang sehat. Inilah saatnya untuk meramu sendiri obat sehat Anda dengan menulis daftar hal-hal yang dapat membuat Anda tertawa. Pasti ketika menulis Anda akan mengingatnya sambil tertawa atau paling tidak tersenyum, misalnya ketika melihat foto anjing Husky kecil Anda yang lucu atau jokes dari 9GAG yang jadi favorit Anda. Daftar ini dibuat agar Anda sadar bahwa hidup itu tidak melulu harus serius. Nikmati setiap momen menyenangkan dan Anda akan memiliki hidup yang lebih baik di masa mendatang. Trust Cosmo on this!

    4. Daftar Kontribusi Sosial



    Mungkin Anda akan merasa sedikit sungkan saat menulis daftar hal-hal apa saja yang telah Anda perbuat untuk orang lain. Tapi tidak ada salahnya, darling. Utarakan dalam buku harian Anda atau hanya secarik kertas mengenai bantuan apa saja yang telah Anda lakukan untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Semisal memberikan donasi pada panti asuhan atau memberi perhatian pada rekan kerja tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Well.. Anda akan tersadar bahwa melakukan kebaikan itu menyenangkan. And hey, good news.. tahun 2014 belum benar-benar berakhir! Anda masih punya waktu untuk menyebarkan lebih banyak kebaikan di minggu-minggu terakhir.

    5. Daftar Impian dan Harapan

    Setelah berhasil mengingat kembali seluruh kejadian sepanjang tahun, tutuplah refleksi Anda dengan membuat daftar harapan. Tulis apa pun yang sedang Anda pikirkan, semisal harapan berjalan-jalan ke dua negara dalam satu tahun ke depan atau memiliki dress impian dengan bobot tubuh ideal. Atau mengharapkan untuk lebih banyak membantu orang lain saja pun sudah cukup untuk menenangkan pikiran Anda di akhir tahun dan menyiapkan diri menyambut tahun baru. Cosmo wish you have a good luck! (Aulia Meidiska / VP / Image: Jupiterimages / Photo.com / Thinkstock)