Better You

Tip Menata Kamar Tidur

  by: RedaksiCosmopolitan       19/12/2014
  • Dibandingkan ruangan lain, sebagian besar waktu akan Anda habiskan di dalam kamar tidur untuk bersantai dan beristirahat. Maka dari itu, ruang pribadi yang satu ini wajib Anda tata senyaman mungkin. Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menata kamar tidur agar Anda merasa betah saat berada di dalamnya!

    1. Cosmo sarankan untuk tidak meletakkan tempat tidur tepat berhadapan dengan pintu masuk. Posisi ini akan membuat aliran udara yang masuk ke kamar langsung melaju ke arah tubuh Anda. Alhasil, Anda akan rentan terkena penyakit. Sebaiknya letakkan tempat tidur di tengah-tengah ruangan.
    2. Furnitur berbahan kayu bisa menjadi solusi kenyamanan Anda di dalam kamar. Yup, tak hanya tahan lama juga terlihat klasik, kayu memiliki sifat yang hangat dan nyaman sehingga dapat memberikan nuansa superhomey ke dalam kamar.
    3. Agar kamar terlihat lapang dan luas, pilah furnitur dan barang yang Anda perlukan dan tidak. Untuk menghemat ruang, Anda juga bisa menggunakan furnitur multifungsi semisal sofa yang juga berfungsi sebagai tempat tidur apabila ditekuk.
    4. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kehadiran cermin di dalam ruangan akan membuka ruang baru. Jika kamar terlihat sempit, Anda hanya perlu menambahkan cermin pada dinding kamar. Pantulan cermin akan memberikan efek ruangan semakin besar, lho.
    5. Walaupun dianggap dapat mempercantik tampilan kamar, tapi lebih baik Anda tidak meletakkan tanaman di dalam kamar. Kenapa? Karena saat malam hari tumbuhan akan mengeluarkan karbondioksida, dan apabila dihirup akan membuat Anda merasa lemas.
    6. Jika ingin mendapatkan kesan luas pada kamar Anda, pilihlah warna putih untuk cat kamar tidur. Selain memberi kesan lebih besar, kamar dengan cat warna putih juga akan memberikan kesan lebih terang karena warna ini memantulkan 80 persen cahaya. Padukan warna putih dengan warna lain sebagai aksen tampak lebih menarik.
    7. Apabila Anda juga menggunakan kamar tidur sebagai ruang kerja, maka meja merupakan furnitur yang sangat penting. Apabila Anda ingin menempatkan meja di kamar tidur, coba pilih meja dengan model konsol. Meja model ini sangat efektif untuk meletakkan benda-benda lain misalnya stereo set atau pigura foto.
    8. Jika Anda ingin menggunakan wallpaper, hindari penggunaan motif berpola besar dengan bentuk dan warna-warna kontras. Sebaiknya Anda memilih motif kecil-kecil dengan warna lembut dan menenangkan. (Salli Sabarrang / VP / Image: Franck Camhi / iStock / Thinkstock)