Lifestyle

Nusa Ceningan Bawa Anda Menapaki Bali yang Lain

  by: RedaksiCosmopolitan       19/12/2014
  • Sekalipun Bali adalah destinasi wisata yang sangat populer, dan Anda sudah berkali-kali mengunjungi Pulau Dewata, sebaiknya jangan dulu buru-buru mengikrarkan diri kalau Anda sudah sangat mengenal Bali. Paling tidak sampai Anda mengunjungi surga kecil di Nusa Ceningan yang masih jarang dijejaki wisatawan.

    Yes ladies, terbanglah ke Bali sekali lagi! Apalagi saat ini Anda bisa dengan sangat mudah untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang murah. Tip dari Cosmo, jangan ragu sesering mungkin manfaatkan agen booking tiket pesawat online untuk memantau perkembangan harga tiket pesawat. Apalagi saat ini telah banyak maskapai ekonomis seperti Lion Air, Citilink, dan Air Asia yang memiliki kualitas terjamin yang selalu mengantarkan Anda ke Bali.

    Setibanya di Bali, bertolaklah menuju Pantai Sanur untuk menemukan jejeran perahu yang siap mengantar Anda menyeberang ke sebuah pulau mungil yang menjadi “surga” baru-nya Bali. Selamat datang di Pulau Nusa Ceningan!

    Pulau ini merupakan pulau terkecil dari tiga gugusan kepulauan Nusa Penida – Nusa Penida dan Nusa Lembongan yang namanya lebih populer di kalangan wisatawan. Letaknya terpisah dari Pulau Bali, ditambah lagi dengan suasana pulau yang lebih tenang dan sunyi (berbeda jauh dengan hiruk pikuk di Bali Selatan). Tak heran jika banyak orang mengira Pulau Nusa Ceningan bukanlah bagian dari Bali. Secara administratif Pulau Nusa Ceningan masih masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung. Jadi, pulau ini masih menjadi bagian dari Bali meskipun menawarkan pengalaman yang lain.

    Sebagaimana dua gugus pulau di sebelahnya, Nusa Ceningan menawarkan panorama khas yang sangat memesona. Pulau yang berbatasan langsung dengan Selat Badung ini mempersembahkan pengalaman wisata yang pasti berkesan, terutama untuk pecinta bahari dan alam. Gugusan hutan mangrove di sepanjang pulau merupakan destinasi ekowisata yang menarik.

    Untuk mencapai Pulau Ceningan, Anda harus melalui jembatan gantung bernama Jembatan Pegas atau Jembatan Kuning yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Pulau Nusa Ceningan lewat jalur darat. Anda bisa menyeberangi jembatan ini menggunakan motor yang disewakan seharga sekitar Rp70.000,- hingga Rp80.000,- sehari dari Pulau Nusa Lembongan.

    Sebelum menyentuh air laut, cobalah untuk mencuci mata sejenak. Kuil Bakung yang berada di sisi selatan pulau bisa jadi salah satu destinasi menarik. Banyak kegiatan tradisional yang berlangsung di kuil ini, salah satunya sabung ayam. Anda pun bisa mengenal kehidupan penduduk lokal dan berbaur bersama mereka. Jika Anda bergeser ke sebelah timur pulau, Anda dapat memanjakan mata dengan gugusan terumbu karang yang spektakuler. Air lautnya yang sangat jernih membuat biota laut di bawahnya nampak terlihat jelas dari permukaan. Tak sabar ingin snorkeling? Tenang, aneka karang dan ikan-ikan ceria di bawah laut pulau ini siap menenemani Anda!

    Beberapa spot di Pulau Nusa Ceningan juga cocok untuk berselancar. Dan ketika sore hari tiba, nikmatilah sunset di sisi barat Pulau Nusa Ceningan yang memesona untuk menutup hari Anda yang sempurna. (VP/Image: Dok. Traveloka)