Career

Hal Produktif yang Mengganggu Kinerja Anda

  by: Redaksi       21/12/2014
  • Berbagai cara bisa Anda lakukan untuk membuat diri makin produktif. Tapi, apa yakin semua cara tersebut efektif? Beberapa cara ternyata malah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda lho!

    Fokus bekerja, Tak Ada Waktu Untuk Bermain
    Demi pekerjaan, Anda tolak semua ajakan pergi. Peraturan itu berlaku bukan hanya weekdays tapi juga akhir pekan. Alasannya apa lagi kalau bukan pekerjaan sudah jadi nomor satu untuk Anda. D’oh! Dear oh dear, kreativitas bukan berasal di tempat kerja saja, ide bisa muncul di semua tempat. Bahkan tak jarang lahirnya ide dan kreativitas seringkali muncul di saat Anda berada di lingkungan baru dan dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki “ruang kerja” tak terbatas. Bila tempat yang Anda pilih hanya di kantor, tak butuh waktu lama Anda akan merasakan kebosanan dan kejenuhan dengan rutinitas yang monoton.

    Overtime = Best Result
    Bekerja berjam-jam, bahkan seringkali bertahan hingga larut malam di kantor bukan jaminan Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Justru orang lain akan melihat Anda tak memiliki manajemen waktu yang baik saat bekerja. Jangan memaksakan diri untuk berada di kantor, jika memang tidak diperlukan. Dengan begitu, Anda bisa punya waktu lebih untuk melakukan hal lain di luar pekerjaan.



    Multitasking
    Dalam pikiran Anda, mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu pasti akan efisien dan hasilnya maksimal. Yakin Anda bisa fokus dengan berbagai tumpukan kerjaan tersebut dalam satu waktu? Itulah permasalahnnya. Saat Anda memilih multitasking, Anda harus benar-benar membagi fokus untuk beberapa pekerjaan yang ujung-ujungnya malah mengganggu produktivitas Anda. Coba fokus pada satu hal dulu dan kerjakan tugas itu hingga selesai. Setelahnya, Anda bisa menyelesaikan prioritas yang lain.



    Semuanya Harus Sendiri
    Tugas memang dibebankan untuk Anda, namun lihatlah rekan-rekan kerja Anda sebagai tim. Jangan merasa semua hal yang Anda kerjakan sendirian akan lebih sempurna hasilnya. Semakin banyak orang yang terlibat dalam tim, akan semakin banyak ide yang muncul. Mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat akan menunjukkan bahwa diri Anda memiliki kepercayaan kepada rekan kerja. Bila memang Anda ingin semua sempurna, Anda bisa memeriksa terlebih dahulu hasil akhirnya sebelum diserahkan kepada pimpinan Anda. (Muhtar Rais/IR/Image: gpointstudio/iStock/Thinkstock)