Better You

Ancaman Kesehatan Di Usia 30 dan Cara Mengatasinya

  by: Redaksi       21/12/2014
  • Menjelang usia tiga puluhan, berbagai ancaman yang bisa mengganggu kesehatan Anda akan mengintai. So, sedari dini persiapkan amunisi untuk tubuh Anda menghadapi serangan. Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang mungkin datang dan rekomendasi makanan sehat sebagai asupan yang baik untuk tubuh Anda!

    Kebutuhan Tulang
    Saat mencapai usia dua puluhan, itu menjadi kesempatan terakhir untuk Anda memperkuat rangka tulang tubuh. Sebab di usia tiga puluhan, proses ini tidak akan lagi bisa Anda lakukan. Usaha terbaik adalah dengan mengonsumsi susu rendah lemak setiap harinya dan asupan vitamin yang cukup. Dengan kebiasaan tersebut, Anda akan memberikan tubuh Anda 581 miligram kalsium dan 5 micrograms  vitamin D. Angka tersebut sangat menjadi nutrisi kombo untuk perkembangan tulang. Oh ya, Anda juga bisa mengonsumsi brokoli sebagai menu andalan harian. Satu cup brokoli mengandung 43 miligram kalsium. Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan magnesium, vitamin K, dan fosfor yang memegang peranan penting menyokong struktur tulang.

    Risiko Cedera Saat Berolahraga
    Yoga, pilates, lari, gym, semua rutinitas olahraga sepertinya memenuhi semua jadwal Anda. Apapun pilihan olahraga yang Anda sukai, ternyata wanita berisiko tujuh kali lebih besar mengalami cedera saat berolahraga dibanding pria. Untuk mengatasi hal buruk ini, Anda harus memperkuat otot-otot tubuh dengan asupan daging yang cukup. Daging menjadi makanan otot yang paling sempurna karena mengandung protein dan creatine, dua senjata ampuh untuk pembentukan otot yang bekerja membungkus tendon dan persendian Anda.



    Antioksidan Dan Infeksi Saluran Kandung Kemih
    Kelompok buah berry seperti strawberry, blueberry, cherry, cranberry, raspberry atau anggur mengandung antioksidan yang bisa mencegah infeksi saluran kandung kemih. Buah ini juga melindungi tubuh serta kulit dari radikal bebas yang merusak sel serta meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa membuat variasi hidangan dengan cara membuat jus, smoothies, atau langsung memakan buah beri ini.



    Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah
    Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kedelai atau buncis kaya akan potasium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus menjaga kesehatan jantung di usia tua nanti. Selain itu kacang-kacangan juga membuat perut terasa kenyang lebih lama tapi berkalori rendah sehingga tidak menyebabkan kegemukan. (Muhtar Rais/IR/Image: PIKSEL/iStock/Thinkstock)