Better You

Pertama Kali ke Ginekolog? Baca Ini!

  by: Redaksi       21/12/2014
  • Masih bingung apa yang harus Anda persiapkan sebelum mengunjungi ginekolog? Atau kebingungan tersebut yang menjadi alasan terbesar Anda malas berkunjung? Well dear, artikel ini bisa jadi persiapan untuk Anda sebelum memulai kunjungan ke ginekolog!

    Ketahui Apa Yang Akan Anda Lakukan
    Saat jadwal kunjungan sudah ditentukan, tanyakan pada dokter Anda apa yang nantinya akan Anda lakukan saat kunjungan tersebut. Terlebih bila itu merupakan kunjungan pertama Anda, sederet tes pastinya akan dilakukan. Dan bila Anda tidak mengetahuinya sejak awal, tes tersebut malah akan membuat Anda semakin takut menjalaninya. Sebisa mungkin gali informasi mengenai hal-hal yang nantinya akan Anda lakukan. Bila memang itu sudah menjadi kunjungan rutin, coba juga tanyakan tes apa lagi yang harus Anda jalani di kunjungan berikutnya. Ini akan membantu tubuh Anda mempersiapkan diri.

    Buat Daftar Hal Pribadi
    Cara terbaik untuk memastikan semua keluhan Anda akan sampai ke dokter saat kunjungan adalah membuat daftarnya secara lengkap. Hal apapun yang ingin Anda ketahui bisa ditanyakan padanya. Jangan pernah takut untuk membuka diri. Segala rahasia Anda akan aman di tangan dokter kepercayaan Anda. Mulai dari isu yang paling Anda anggap sepele hingga yang mulai dari namanya saja sudah sulit Anda ucapkan.





    Track Your Cycle
    Salah satu pertanyaan umum yang akan ditanyakan ginekolog saat kunjungan Anda adalah, kapan terakhir kali Anda menstruasi? Yes dear, itu adalah titik awal untuknya membaca kondisi Anda. Jika Anda terus mencatat semua detail “tamu” bulanan ini, Anda tak akan bengong menjawabnya. Mencatat dengan detail semua jadwal menstruasi ini juga akan membantu Anda mengingat kembali apakah “tamu” rutin ini datang terlambat atau tepat waktu. Catatan ini juga bisa menjadi acuan bagi dokter Anda untuk memperhitungkan kapan waktu menstruasi berikutnya akan datang. (Muhtar Rais/IR/Image: ValuaVality/iStock/Thinkstock)