Career

Cara Bijak Manfaatkan Uang THR

  by: Redaksi       22/12/2014
  • Menjelang akhir tahun, biasanya ada beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan membagikan bonus akhir tahun atau Tunjangan Hari Raya (THR), khususnya bagi karyawannya yang merayakan Natal. Nah, supaya “uang kaget” tersebut tidak “menguap” dengan sia-sia, Cosmo akan bantu Anda untuk memanfaatkannya dengan baik lewat tip-tip berikut ini!

    Membayar Utang

    Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda masih memiliki utang yang masih belum dilunasi? Jika masih ada, gunakanlah bonus atau THR Anda untuk segera melunasi utang-utang yang belum terbayar. Dengan demikian, bisa dikatakan dana akhir tahun ini bisa menjadi 'penyelamat' dari jeratan utang. Use it wisely, dear!



    Waktunya Beramal

    Cosmo mengerti ketika baru mendapat bonus dari perusahaan, pasti hal terlintas dalam benak Anda adalah belanja. Well, memang tidak salah sih membelanjakannya. Tetapi jangan lupa juga menyisihkan dana untuk beramal, ya. Misalnya memberikan sedekah pada mereka yang membutuhkan. Saat Natal tentu saat yang tepat untuk berbagi kebahagiaan kan?

    Saatnya Investasi & Membeli Asuransi

    Membeli reksadana untuk investasi atau membeli asuransi (kesehatan, jiwa, rumah, mobil,dan lain-lain) merupakan salah satu hal penting untuk dimiliki. Namun itu semua tergantung dengan kebutuhan tiap orang. Pernahkah Anda menggunakan THR atau bonus akhir tahun sebagai modal untuk investasi atau membeli asuransi untuk memproteksi diri? Yup, kalau kalau bisa dijadikan alat untuk memproteksi diri demi masa depan yang lebih baik, kenapa tidak?



    Sedia Payung Sebelum Hujan

    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh The Investor Education Foundation of the Financial Industry Regulatory Authority (FINRA), hanya 49% orang yang memiliki simpanan dana darurat. Jadi, menyisihkan atau menjadikan dana THR sebagai simpanan dana darurat bisa menjadi ide yang bijak, lho. Just in case Anda membutuhkan pengeluaran tak terduga, tidak perlu panik lagi, kan?

    Waktunya Berlibur

    Sudah menjadi hak Anda apabila ingin berlibur ke Raja Ampat untuk menikmati keindahan pantai dan alamnya. Atau sekalian traveling ke Australia untuk menghabiskan Natal dan tahun baru bersama keluarga dan pasangan? Manfaatkan uang yang didapatkan untuk me-recharge kembali pikiran Anda, sehingga pada saat kembali bekerja dan beraktivitas di awal tahun nanti pikiran Anda akan fresh kembali. Happy holiday, ladies! (Rachelle Kandou / IR / Image: Digital Vision / Digital Vision / Thinkstock)