Better You

5 Alasan Pentingnya Berterima Kasih

  by: Redaksi       23/12/2014
  • Sebentar lagi sudah tutup tahun, sudahkah Anda berterima kasih untuk segala hal yang terjadi di tahun 2014 ini, darling? Jika belum, ayo segera lakukan karena ternyata berterima kasih sangat penting untuk berbagai aspek kehidupan Anda. Yuk, cari tahu alasannya.

    Hidup Lebih Bahagia

    Ya, Anda akan lebih bahagia ketika sudah dapat banyak mengucap terima kasih. Penelitian dalam The Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan bahwa ketika Anda membiasakan berterima kasih, kebiasaan membandingkan dengan orang lain serta kebiasaan komplain akan berkurang sehingga dapat menjauhkan pikiran dari stres.



    Tubuh Sehat

    Seperti yang telah dilansir oleh Psychology Today, beberapa peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menulis hal-hal yang membuatnya berterima kasih 15 menit sebelum tidur akan memiliki kualitas tidur lebih baik. Hal ini pun sangat memengaruhi kesehatan jantung karena dapat memberi emosi positif sehingga membuat detak jantung lebih stabil.

    Jauhi Pikiran Negatif

    Saat sedang mengalami masalah berat, jangan langsung memikirkan hal-hal negatif, dear. Cobalah untuk mengucap syukur atau terima terikasih lebih banyak dari biasanya, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat Anda lebih cepat menerima keadaan, menemukan jalan keluar dengan pikiran rasional, dan menurunkan tingkat depresi.



    Membangun Hubungan Baik

    Teman atau pasangan yang baik adalah yang dapat menghargai satu sama lain. Nah, salah satu cara untuk bisa meningkatkan rasa saling menghargai adalah dengan mengucapkan terima kasih atas segala hal yang mereka perbuat, baik untuk Anda maupun untuk hubungan yang Anda bina dengan si dia. Hal ini juga yang nantinya akan mempererat hubungan Anda berdua.

    Tingkatkan Produktivitas

    Pikiran dan tubuh yang sehat tentu saja akan memengaruhi produktivitas. Memiliki tubuh yang sehat berarti menyimpan stamina lebih lama. Sedangkan pikiran yang sehat akan mendorong semangat dan memberikan energi positif untuk bersikap optimis. (Aulia Meidiska / VP / Image: PIKSEL / iStock / Thinkstock)