Lifestyle

5 Langkah Menjadi Turis yang Bertanggung Jawab

  by: Adya Azka       31/12/2014
  • Menjadi turis tidak berarti Anda hanya menikmati beragam keindahan destinasi wisata saja, dear. Cobalah bersikap layaknya seorang turis yang bertanggung jawab dengan mengikuti lima langkah berikut.

    Mempelajari Budaya Setempat
    Saat berkunjung ke suatu daerah yang baru bagi Anda, cobalah untuk berinteraksi dengan penduduk lokal. Setelah itu, Anda bisa mengunjungi pusat kebudayaan lokal di daerah tersebut. Dengan mempelajari kebudayaan lokal itu berarti Anda juga menghargai penduduk lokal di daerah tersebut.

    Promosikan Destinasi Liburan
    Ayolah dear, jangan hanya menikmati kuliner lezat dan pemandangan indah sendirian saja. Kini saatnya Anda menjadi duta pariwisata daerah wisata tersebut. Segera ambil smartphone Anda, capture keindahan yang telah Anda lihat dengan mata sendiri, atau foto menu makanan favorit Anda saat wisata kuliner lalu upload ke semua media sosial yang dimiliki. Dengan melakukan hal sederhana ini, secara tidak langsung Anda sudah memaksimalkan potensi pariwisata di daerah tersebut.



    Menjaga Kebersihan
    Ladies, tidak hanya Anda lho yang ingin menikmati keindahan di daerah wisata. Jadi, jangan membuat sebuah tempat yang indah menjadi kotor karena ulah tidak bertanggung jawab Anda. Kalau memang sulit menemukan tempat sampah, Anda bisa menyimpannya terlebih dulu di dalam kantong plastik dan membawanya di dalam tas hingga menemukan tempat sampah.



    Pelajari Hukum Setempat
    Beberapa negara di dunia memiliki hukum unik dan berbeda dengan hukum di negara lainnya. Misalnya, hukum di Yunani tidak memperbolehkan Anda menggunakan sepatu stiletto atau Singapura yang melarang makan permen karet dalam jumlah besar apalagi membuangnya di sembarang tempat. Sangat penting untuk memahami hal-hal ini sebelum berpergian, tujuannya agar Anda tak terjerat hukum saat berlibur.

    Bijak Pilih Souvenir
    Pergi ke suatu tempat, Anda pasti ingin membawa pulang benda sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan. Tapi sebaiknya pastikan dulu jika Anda memang bisa membawa benda tersebut ke daerah asal Anda. Cobalah perhitungkan dari segi hukum, keamanan, hingga fungsi barang tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya. (Adhia Azka/VP/Image: osuleo/iStock/thinkstock)