Lifestyle

Cegah Diare Saat Traveling

  by: Redaksi       31/12/2014
  • Sudah jauh-jauh berlibur, ternyata Anda malah terkena serangan diare. Jangankan bisa enak jalan-jalan menyusuri tempat-tempat baru sekaligus belanja (seperti rencana awal Anda), sudah tidak bisa makan enak, sedikit-sedikit pergi ke belakang. Agar hal ini tidak merusak liburan Anda, empat hal berikut harus Anda perhatikan.

    Makanan
    Anda perlu memastikan kebersihan makanan. Selain itu, ada beberapa orang yang perutnya sensitif sekali hingga memiliki food intolerance alias lebih gampang alergi terhadap beberapa makanan. Jadi setiap kali ingin makan di tempat baru, minta waiters atau pemilik toko untuk menjelaskan setiap kandungan di dalam makanan tersebut. Pemeriksaan ini akan melindungi Anda untuk salah mengonsumsi makanan.

    Kebersihan Kuku
    Bukan hanya kebersihan makanan yang perlu Anda pastikan. Kuku-kuku yang kotor juga bisa memicu terjadinya diare akibat kuman. Pasikan mencuci tangan dengan benar. Cara yang benar mencuci tangan adalah dengan mencucinya di bawah air mengalir, bukan dengan tampungan air di dalam sebuah wadah. Bila dibutuhkan gunakan juga sabun antiseptic untuk menghilangkan segala kuman yang menetap.



    Sentuhan Binatang
    Bila makanan yang ingin Anda makan tidak terbungkus dalam kemasan, sebaiknya jangan ditinggalkan begitu saja terlalu lama. Bukan hanya kuman-kuman yang bisa menempel melalui udara, saat makanan Anda biarkan begitu saja sesaat sebelum disantap bisa jadi sudah ternoda binatang-binatang kecil seperti lalat. Anda tak akan pernah tahu kan sudah ke mana saja terbang dan menempelnya lalat tersebut?



    Feses
    Penyebab lain Anda mengalami diare bisa juga berasal dari saluran pencernaan. Coba perhatikan feses Anda. Bila konsistensinya tidak padat, berarti ada yang salah dengan saluran pencernaan Anda. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. (Muhtar Rais/VP/Image: Geribody/iStock/Thinkstock)