Career

Tips Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

  by: Silvya Winny       6/12/2015
  • Dalam 24 jam, Anda tentu lebih banyak menghabiskan waktu bersama rekan kerja dibandingkan pasangan atau keluarga. That’s why, menjalin hubungan baik dengan mereka amat penting untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat dan menyenangkan. Ini dia tipsnya!

    Say Hello
    Menyapa rekan kerja dan tersenyum saat berpapasan di kantor adalah hal paling sederhana untuk menjalin hubungan baik. Begitu pula sebaliknya, ketika seseorang menyapa, balas sapaannya meski saat itu Anda mengalami hari yang buruk atau baru saja bertengkar dengan pasangan. Tak mau kan dianggap sombong atau terlalu cuek oleh rekan kerja sendiri?

    Jaga Kebersihan
    Meski Anda menganggap kantor sebagai rumah kedua, kesantunan harus tetap dijaga. Jangan sampai rekan kerja menganggap Anda jorok karena sering meletakkan piring kotor di atas meja atau menyimpan makanan sisa atau di lemari es lebih dari dua minggu. Kemudian, jaga kebersihan meja kerja dengan selalu merapikan alat tulis dan dokumen setelah digunakan.



    Jangan jadi “Stranger”
    Jika kantor Anda mengadakan happy hour atau outing ke luar kota, jangan rmalas untuk mengikutinya. Jika menolak ikut, para atasan mungkin berpikir Anda tidak tertarik mengenal sesama rekan kerja atau menjadi bagian dari tim. Agar pekerjaan makin maksimal, Anda perlu mengenal lebih jauh orang-orang yang setiap hari Anda temui.

    Saling Menghargai
    Semua orang punya kesibukan dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Itulah mengapa Anda perlu menghargai waktu mereka dengan tidak terlambat ke kantor, menghadiri rapat atau undangan. Lalu, jika Anda bertemu dengan rekan kerja di luar kantor, jangan ajak dia membahas pekerjaan. Anda tentu akan sebal jika waktu hangout Anda dengan pasangan terusik oleh rekan kerja yang membicarakan masalah pekerjaan.



    Hindari Menanyakan Hal yang Tidak Perlu
    Sebelum bertanya kepada orang lain, coba dulu untuk menemukan jawabannya sendiri. Yup, you can ask Google for help! Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada rekan kerja yang terus menerus menanyakan hal yang jawabannya sudah jelas. Wanita Cosmo tak boleh seperti itu.

    Jangan Mengeluh
    Semua orang pasti pernah mengeluh tentang pekerjaan mereka, tetapi hindari melampiaskannya secara langsung dengan orang yang setiap hari bekerja dengan Anda. Lebih baik curhat saja dengan si dia atau teman yang tidak satu kantor. Punya sahabat dekat di tempat kerja? Tak masalah kok membicarakan hal ini dengan dia, tetapi lakukan di luar kantor ya.

    Hati-hati dengan Media Sosial
    Menjadi rekan kerja bukan berarti Anda harus berteman di semua platform media sosial. Jika permintaan add friend di Path tidak dijawab, jangan marah. Anggap saja dia lebih suka berbagi kehidupan pribadinya dengan orang-orang terdekatnya saja. Akan tetapi, jika Anda berteman dengan semua rekan kerja di media sosial, hati-hati dengan posting-an Anda. Terus menerus mengunggah foto mesra dengan si dia di Instagram tak akan mengesankan atasan Anda. (Soca Massardi/VP/Image: Outnow.ch)