Better You

Kenali Alat Kontrasepsi Yang Tepat

  by: Silvya Winny       7/12/2015
  • Merencanakan kehamilan dengan pasangan melalui kontrasepsi menjadi andalan wanita saat ini. Akan menjadi lebih bijak jika Anda mengetahui lebih detail tentang alat yang Anda pilih.

    Pil Kontrasepsi
    Kontrasepsi jenis ini dipilih karena bisa melancarkan siklus menstruasi Anda. Dikonsumsi baik pada jam yang sama setiap harinya. Tapi, bagi Anda yang merokok atau berusia diatas 35 tahun disarankan untuk tidak memilih pil ini karena akan mengganggu produksi hormon esterogen yang menyebabkan efek samping pembekuan darah.

    IUD
    Dokter kandungan biasanya menyarankan penggunaan kontrasepsi jenis ini hanya bagi wanita yang sudah melahirkan. Jika Anda memikirkan untuk merencakan kehamilan dalam jangka panjang, alat ini menjadi pilihan tepat untuk "aman" berhubungan seks selama 3-5 tahun.



    Kondom
    Selain mencegah sperma yang masuk, alat ini juga berfungsi untuk memproteksi penularan penyakit kelamin. Pilih kondom dengan bahan latex atau polyurethane yang berkhasiat lebih baik melawan STDs.



    Morning After Pill
    Saat Anda memutuskan untuk tidak menggunakan kontrasepsi yang berskala panjang, pilihannya bisa pada pil ini. Dikonsumsi setelah berhubungan seks dengan pasangan dan memiliki tenggat waktu selama 72 jam untuk sesi bercinta tanpa proteksi (kondom). Pil ini bekerja selama lima hari di dalam tubuh Anda untuk mencegah kehamilan. (Irfina Indriyani / SW / Image: Image Point Fr / Shutterstock / Click Photos)