Lifestyle

Destinasi Wisata Menarik di Sumba Timur

  by: Silvya Winny       9/12/2015
  • Tak hanya keindahan alamnya yang mengundang decak kagum, budaya dari Sumba Timur pun berhasil membuat Cosmo jatuh cinta. Berikut Cosmo hadirkan destinasi menarik yang harus Anda lihat dan kunjungi saat menginjakkan kaki di Sumba Timur. (SalliSabarrang/VP/image: dok.cosmo)


    Penenun Mama Alan

    Jika Anda adalah pecinta kain khas Nusantara, maka Anda wajib berkunjung Penenun Mama Alan yang sudah terkenal sebagai salah satu tempat pengrajin kain tenun khas Sumba Timur. Pproses pembuatan kain tenun ini tidak mudah lho. Satu kain tenun membutuhkan waktu pengerjaan berbulan-bulan karena dilakukan secara manual dan alamiah. Pembuatan kain tenun dilakukan dengan mengikat benang sesuai pola yang telah ditentukan kemudian dimasukkan ke dalam pewarna alam.


    Sanggar Tari Ori Angu

    Melihat rumah adat, check! Menyaksikan pembuatan tenun ikan, check! Selanjutnya, Anda harus berkunjung ke Sanggar Tari Ori Angu untuk melihat Tarian Puti Liku. Tarian yang juga disebut sebagai Tarian Pintal Tali ini adalah tarian yang melambangkan upaya membangun kembali persaudaraan sesama warga yang putus karena sejumlah persoalan. Tarian ini biasanya dibawakan oleh anak muda dari dua kelompok yang bertekai setelah ada upaya damai dari kedua belah pihak.




    Pantai Walakiri

    Saat berkunjung ke Sumba Timur, tak lengkap rasanya jika tidak menyambangi pantai yang begitu fenomenal dengan pohon bakaunya ini. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara dari Waingapu untuk mencapai pantai ini. Cosmo memilih sore hari karena keindahan Walakiri akan semakin terlihat ketika matahari sedang terbenam dan air tengah surut karena Anda akan disajikan dengan deretan pohon bakau yang meliuk bak seorang penari. Yang membuatnya semakin spesial adalah kondisi pantainya yang cukup sepi sehingga sangat ideal untuk menikmati panorama di kala sunset.