Better You

5 Mitos Kesehatan yang Ternyata Salah

  by: Silvya Winny       12/12/2015
  • Anda pasti sering mendengar berbagai mitos kesehatan yang harus diikuti. Padahal, banyak dari mitos tersebut justru tidak memiliki manfaat apa-apa bagi tubuh. Cari tahu apa saja mitos tersebut dan temukan cara terbaik untuk memiliki gaya hidup sehat.

     

    Mitos #1: Harus Minum Delapan Gelas Air Setiap Hari



    Menjaga agar tubuh tidak dehidrasi memang sangat penting. Namun, sebenarnya tidak ada rumus tepat untuk mengatakan seberapa banyak Anda harus mengonsumsi air setiap hari. Terkadang delapan gelas air per hari itu cukup, terkadang tidak. Menurut ahli nutrisi dan pemilik dari website Everyday Healthy Eating, Maggie Moon, R. D., segera minum air setiap kali merasa haus. Anda juga bisa lho mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya air untuk menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

     

    Mitos #2: Anda Harus Buang Air Besar Setiap Hari

    Anggapan kalau Anda harus buang air besar setiap hari ternyata salah, dear. Setiap orang memiliki kebiasan makan yang berbeda. Ini pula yang menyebabkan “jadwal” ke kamar mandi setiap orang tidak sama. Jangan khawatir, karena pencernaan Anda masih sehat selama melakukan rutinitas ini tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu.

     

    Mitos #3: Tidur Harus Delapan Jam Setiap Malam



    Mitos ini sama dengan mitos minum delapan gelas air setiap hari. The National Sleep Foundation di Amerika Serikat memang menyarankan Anda untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap hari. Akan tetapi, ada beberapa orang yang justru menjadi lebih produktif ketika tidur lima sampai enam jam setiap hari. Cara terbaik adalah mengetahui kebiasaan tidur dan mencari jumlah waktu tidur yang paling cocok agar Anda memiliki energi untuk beraktivitas keesokan harinya.

     

    Mitos #4: Anda Harus Melakukan Detoks Secara Teratur

    Detoks memang penting untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi, Anda sebenarnya tidak perlu membeli jus atau obat-obatan untuk melakukannya. Tubuh Anda sudah memiliki sistem yang memang dirancang untuk membuang racun-racun tersebut. Justru yang penting adalah menjaga fungsi hati, yang berfungsi untuk mendetoks tubuh.

     

    Mitos #5: Agar Bersih, Gunakan Sabun Anti-bakteri

    Menggunakan sabun anti-bakteri ternyata tidak sepenuhnya membunuh kuman-kuman saat mencuci tangan. Studi yang diterbitkan di Journal of Antimicrobial Chemotherapy mengatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara sabun biasa dan sabun anti-bakteri. Hal yang penting bukanlah sabunnya, tetapi cara Anda mencuci tangan. (Hana Devarianti/VP/Image: solominviktor/shutterstock/clickphotos)