Career

Mitos yang Salah Mengenai Keuangan

  by: Silvya Winny       20/12/2015
  • Tak selamanya memiliki kartu kredit itu buruk. Nyatanya, ada juga lho keuntungan yang bisa diambil dari memiliki kartu kredit. Ingin tahu apa saja? Berikut Cosmo paparkan faktanya, beserta dengan beberapa mitos lainnya yang salah mengenai keuangan.

     

    Mitos 1: Menggunakan Uang Tunai Selalu Lebih Baik



    Tak selamanya uang tunai lebih baik dari kartu kredit. Menggunakan uang tunai (atau debit card) juga ada kekurangannya, lho. Uang tunai lebih mudah dicuri (berbeda dengan kartu kredit yang membutuhkan pin number) atau hilang terselip. Selain itu Cosmo percaya, memegang uang tunai dalam jumlah yang cukup banyak pasti akan membuat Anda lebih sering berbelanja. Uang tunai juga membuat Anda lebih sulit untuk mengatur keuangan, karena untracable, kecuali Anda rajin membuat catatan pengeluaran. Di sisi lain, kartu kredit mampu memberikan Anda kemudahan dalam berbelanja online, belum lagi promo-promo yang bisa Anda nikmati dari kartu kredit tersebut. Intinya, baik kartu kredit dan uang tunai, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Mitos 2: DIY (Do It Yourself) Lebih Hemat

    Truth is, belum tentu, lho. Ada beberapa hal yang justru membutuhkan pengeluaran lebih besar jika dilakukan secara DIY, selain pastinya membuang waktu Anda. Semisal Anda ingin memotong pohon yang terlampau besar di kebun belakang rumah. Dibanding mengeluarkan uang untuk membeli gergaji listrik, lebih baik memanggil orang yang sudah mumpuni, kan? Biayanya lebih murah, waktu Anda tidak terbuang percuma, dan Anda berhasil menghindari segala resiko yang bisa muncul selama Anda memotong pohon tersebut. Smart!

    Mitos 3: Membayar Kartu Kredit Secepatnya



    ...termasuk dengan uang tabungan Anda? Uh-oh! Tabungan adalah tabungan, jangan samakan dengan uang pengeluaran Anda tiap bulannya. Tabungan tersebut sebaiknya dipakai di saat-saat emergency, dan membayar kartu kredit tidak termasuk dalam kondisi emergency. Bayarlah segera kartu kredit Anda dengan gaji yang masuk, lalu sisihkan uang tabungan Anda dari biaya pengeluaran. Dengan menerapkan pemikiran tersebut, Anda bisa belajar untuk menggunakan kartu kredit lebih cermat.

    Mitos 4: Beli Sesuatu yang Harganya Lebih Murah

    Tak semua hal yang lebih murah itu lebih menguntungkan. Beberapa barang yang harganya lebih mahal, kualitasnya pun jauh lebih baik. Hal tersebut justru menguntungkan, karena dengan begitu Anda bisa menghemat lebih banyak. Right?

    Mitos 5: Lebih Efisien Selalu Lebih Murah

    Semisal, dibandingkan malas mengeluarkan uang untuk membeli saputangan yang mungkin harganya sedikit lebih mahal, Anda lebih memilih untuk membeli kertas tisu. Hal tersebut tanpa disadari justru akan jauh lebih merugikan lho. Bayangkan, seberapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk terus membeli kertas tisu setiap bulannya, belum lagi berapa banyak pohon yang harus menjadi korban dari ulah Anda. Uh-oh! (Alvin Yoga / VP / Image: Syda Productions / Shutterstock / Click Photos)