Better You

Penyakit yang Sering Datang di Musim Hujan

  by: Silvya Winny       19/12/2015
  • Curah hujan tinggi serta suhu yang lembap sering kali membuat ketahanan tubuh Anda menurun. Nah, kondisi ini harus membuat Anda lebih berhati-hati akan penyakit yang mengintai kala musim hujan.


    Demam Berdarah
    Saat musim hujan, banyak sampah seperti kaleng dan ban bekas yang terisi air dan dapat menimbulkan genangan. Genangan air itulah yang membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak dan siap menularkan penyakit demam berdarah. Saran Cosmo: Saat weekend, cobalah untuk membersihkan setiap sudut rumah Anda termasuk halamannya. Jangan lupa menyingkirkan kaleng atau wadah tak terpakai yang memungkinkan untuk menjadi sarang nyamuk.


    Penyakit Kulit
    Apakah akhir-akhir ini Anda sering mengeluh pakaian tidak kering? Yup, sinar matahari yang kurang kala musim hujan memang menjadi penyebab masalah yang satu ini. Yang harus Anda waspadai adalah pakaian tidak kering betul alias masih lembap bisa menjadi “rumah” yang sempurna bagi jamur untuk berkembang subur dan kemudian kontak dengan kulit manusia.




    Leptospirosis
    Penyakit ini memang kedengaran tidak familiar di telinga Anda. Tapi yakinlah bahwa leptospuiros dapat menjadi ancaman kala musim hujan. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis karena ditularkan melalui hewan salah satunya adalah tikus. Pada musim hujan terutama saat terjadi banjir, maka tikus-tikus yang tinggal di liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri.




    Diare
    Saat hujan, biasanya kebersihan menjadi hal yang sering kali diabaikan. Hal ini sering menyebabkan munculnya penyakit diare yang apabila tidak ditangani dengan tepat dapat pula menyebabkan kematian pada penderitanya. Jadi, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta mengonsumsi makanan yang bersih. (Salli Sabarrang/VP/image: Outnow.Ch)