Better You

Belajar Menganalisa Tulisan Tangan

  by: Silvya Winny       27/12/2015
  • Banyak ilmuwan percaya bahwa tulisan tangan bisa mencerminkan kepribadian dan karakter seseorang. Tapi, tak hanya para ahli kok yang bisa mengungkap karakter lewat tulisan tangan, Anda juga bisa.

    • Kumpulkan contoh tulisan tangan yang ingin diteliti, mulai dari nota bekas registrasi hotel hingga kertas tisu bekas ajakan kencan si dia.
    • Coba pikir, apa yang ada di benak Anda ketika melihat tulisan tangan itu pertama kali? Perhatikan ukuran tulisannya. Jika ukurannya kecil biasanya pemilik tulisan itu adalah orang yang mudah beradaptasi. Sebaliknya, jika hurufnya besar dan meliuk-liuk, tandanya orang tersebut suka mencari perhatian atau ingin diperhatikan.
    • Analisa jarak dan ketebalan huruf. Jika jaraknya rapat, tandanya orang tersebut introvert. Bila hurufnya tebal dan jaraknya agak jauh, ini simbol bahwa penulisnya extrovert.
    • Perhatikan tekanan pada huruf. Balik dan rabalah kertas tersebut. Jika timbur tekstur, maka saat menulis, orang tersebut cukup kuat menekan alat tulisnya. Tandanya, si penulis mungkin sedang mengalami banyak tekanan. Sedangkan jika hurufnya tipis berarti si penulis berada di luar tekanan.
    • Tingkat kemiringan huruf merepresentasikan emosi penulisnya. Jika tulisannya miring ke kanan, tandanya orang tersebut suka memperhatikan emosi dan perasaannya. Ia tipe orang yang hangat, perhatian, dan suka bersosialisasi. Tulisan yang miring ke kiri menandakan tipe orang yang suka memendap perasaan, dingin, dan cuek. (Salli Sabarrang/VP/image: Outnow.ch)