Better You

5 Cara Atasi Bad Day

  by: Silvya Winny       29/12/2015
  • "A bad minute becomes a bad hour, which becomes a bad day," ungkap Domonique Bertolucci, penulis buku The Happines Code. Cosmo punya enam cara yang terbukti secara ilmiah bisa membantu Anda mengatasi hari yang tidak menyenangkan langsung saat perasaan ini muncul. 

     

    Tuliskan dengan Spesifik



    Menurut Life Coach Becki Houlston, saat mengalami hari yang buruk Anda bisa menuliskan setiap hal buruk yang terjadi, dengan spesifik. Semisal: 'Saya mendapat teguran dari atasan' hingga, 'Karena mendadak dipanggil ke ruang meeting, saat balik kopi saya sudah dingin'. "Hari yang buruk biasanya mengenai perasaan yang tidak bisa Anda kontrol. Menuliskan dengan tepat kesalahan yang terjadi akan membantu Anda mengidentifikasi apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya," ungkap Becki.

     

    Lakukan Aktivitas Fisik

    Saat Anda berada di situasi yang berpotensi stres, maka tubuh akan memproduksi 'fight-or-flight' hormones yang membuat tubuh siap untuk beraksi. Nah, jika ini terjadi dan Anda tetap duduk diam, maka Anda tidak menemukan pelampiasan secara fisik dan akan terus berada di teritori red-alert. Langsung ke gym atau berlari di taman memang jadi opsi tepat. Namun jika situasi tidak memungkinkan, studi menunjukkan bahwa dalam hal menurunkan level stres, jalan kaki selama 10 menit saja akan sama efektifnya dengan 45 menit berolahraga. Worth a try!

     

    Rapikan Ruangan



    Meja sangat berantakan Anda sampai bingung mencari di mana notebook kesayangan? Studi dari Princetown University memperlihatkan bahwa meja berantakan membuat indra Anda terbebani dan menyebabkan stres. Simpan dokumen yang berserakan di meja agar area rapi di sekitar Anda semakin banyak.

     

    Hibur Diri dengan Audio Visual

    Mendengarkan musik favorit bisa mengubah fisiologi Anda. Tubuh akan merilis dopamin alias the happy chemical ke otak kemudian mengatur ulang keadaan emosional Anda. Menurut Neuroscientist DR. Jack Lewis, fase yang cepat, melodi yang mudah ditebak, dan beat yang bersemangat paling mampu menstimulasi pusat kesenangan pada otak Anda. 

     

    Log Out dari Media Sosial

    Berdasarkan sebuah studi di Jerman, terlihat bahwa lebih dari sepertiga pengunjung Facebook merasa tidak puas dengan hidup mereka akibat melihat posting liburan yang memicu rasa iri. Mengecek media sosial dan melihat postingan teman-teman yang menyenangkan saat Anda mengalami bad day akan membuat Anda merasa seratus kali lebih buruk. So police your social media use! (Filisya Thunggawan/SW/Image: Outnow.ch)

    tags: tips, mengatasi, bad, day, stress