Better You

8 Alasan Kenapa Anda Harus Mewarnai Adult Coloring Books

  by: Redaksi       29/12/2015
  • Seperti kembali ke masa kecil, mewarnai adult coloring books jadi tren yang rasanya wajib Anda coba saat ini. Tak seperti tren lain yang mungkin malah membuat Anda makin stres atau kehilangan banyak uang, mewarnai buku ini ternyata punya manfaat yang sangat banyak bagi Anda. Menurut psikolog klinis Ben Michaelis, mewarnai adalah aktivitas bebas stres yang merelaksasi amygdala — pusat ketakutan di otak — dan membiarkan pikiran untuk beristirahat sejenak. Berikut beberapa alasan penting, seperti Cosmo lansir dari Bustle, kenapa Anda harus kembali melatih kemampuan mewarnai lewat adult coloring books.

    1. Psikiater Telah Menggunakannya Selama 100 Tahun 

    Psikolog ternama Carl Jung menggunakan motif mandala pada kertas untuk diwarnai pasiennya sebagai bagian dari terapi yang ia terapkan. Tapi, buku atau motif apapun yang dipilih, Anda sudah menerapkan teknik yang tepat melawan stres menurut Carl. 



    2. Membantu Anda Bersosialisasi

    Karena telah menjadi tren untuk orang dewasa, aktivitas yang biasa dilakukan seorang diri ini berubah menjadi ajang bersosialisasi. Anda pun bisa menciptakan coloring party seperti yang Anda mau, misalnya dengan mengundang beberapa teman, menyiapkan wine dan snack, lalu mewarnai buku bersama sambil ber-chit-chat-ria bersama sahabat. And suddenly, it could become a "thing" for you and your ganks!

    3. Mewarnai Mengurangi Stres dan Rasa Cemas

    Kegiatan ini memungkinkan pusat stres dan ketakutan pada otak seseorang untuk lebih relaks, yang selanjutnya juga akan membuat Anda lebih relaks, tak hanya saat Anda mewarnai. Selain itu, kegiatan mewarnai ini sangat meditatif, free-time activity yang dapat Anda jadwalkan kapan saja, sehingga membuat amygdala pada otak merespon lebih ringan terhadap stres.

    4. Membantu Otak untuk Fokus

    Mewarnai tanpa keluar garis butuh konsentrasi, tapi tidak terlalu banyak sehingga membuat Anda stres. Clinical counselor Leslie Marshall mengatakan bahwa aktivitas tersebut dapat membuka lobus frontal otak - pusat pengaturan dan pemecahan masalah pada otak - dan membut pikiran lebih fokus. Selain itu, mampu untuk menjalani hidup di saat sekarang juga merupakan kemampuan kritis yang harus dimiliki seseorang di zaman yang penuh tantangan ini. Dan mewarnai dapat melatih Anda untuk menyingkirkan hal lain sesaat dan fokus pada satu hal: menyelesaikan gambar Anda.

    5. Membantu Anda Menjadi Diri Sendiri



    Pada akhirnya, tak ada buku mewarnai yang sama di dunia ini karena buku Anda ya buku Anda. Anda bebas mau mewarnainya sesuka hati dan tak harus sama dengan orang lain atau bahkan contoh yang ada. Jika tidak mau menunjukkannya pada orang lain hanya karena Anda mewarnai kaki rusa menjadi biru juga tak masalah kok

    6. Meningkatkan Kemampuan Motorik dan Visual 

    Mewarnai juga membantu meningkatkan kemampuan motorik dan visual Anda. Menurut psikolog Gloria Martinez Ayala, kegiatan ini sendiri melibatkan logika (saat Anda mengenali bentuk) dan kreativitas (ketika mencampur dan memadupadankan warna). Sebagai gantinya, kegiatan ini meningkatkan kemampuan motorik dan visual seseorang. 

    7. Mewarnai Adalah Dekorasi yang Gratis

    Semua orang sepertinya melakukan DIY things saat ini, tapi tak semuanya punya waktu untuk membuat lilin aroma atau pajangan dinding sendiri. Salah-salah, perkara mengecat botol saja malah bisa merepotkan Anda. Tapi dengan mewarnai buku ini, Anda bisa melakukannya kapan saja, and the fun part is nothing could go wrong with this! Begitu Anda menyelesaikan satu buku, Anda bisa menggunakannya untuk dekorasi apapun, mulai dari membingkainya jadi wall decor di rumah hingga decoupage. Awesome

    8. Membebaskan Alam Imajinasi Anda

    Satu lagi alasan yang perlu Cosmo tambahkan dalam daftar ini adalah mewarnai adult coloring books dapat membantu Anda untuk berimajinasi dan membuat hidup Anda tidak terasa monoton - ya, seperti kembali ke masa kecil! Anda bebas memberikan warna apa saja dalam buku. Mewarnai kastil Cinderella dengan warna ungu atau membuat kepala rusa, hihi

    Butuh referensi buku mewarnai untuk Anda coba? Simak juga beberapa adult coloring books pilihan Tim Redaksi Cosmopolitan Indonesia ya. (Vidi Prima / AC / VP /  Image: doc. tomertu / Shutterstock / Clickphotos, doc. Cosmopolitan Indonesia - Hanafi)