Beauty

Alasan Mengapa Video Pimple Popping Banyak Ditonton!

  by: Ainjia Phioltia Paat       8/12/2016
  • Berbagai video yang menampilkan kegiatan memencet jerawat berhasil mengumpulkan banyak penggemar. Cosmo mencoba mengulik ada apa sebenarnya di balik tren tersebut! (Ainjia Paat/Image: Lucky Business/Shutterstock/Clickphotos)

    Di dunia YouTube dan Reddit, acne sedang jadi bintang. Coba saja ketik “blackheads” dan Anda pun akan disuguhi berbagai macam pilihan video cara ekstraksi komedo yang beragam. Video-video buatan sendiri ini kebanyakan buram dan tak fokus, namun beberapa berhasil mengumpulkan berjuta penonton. Saat dermatolog asal California, Sandra Lee, MD, mulai men-share video-video buatannya di akhir 2014, video-video amatir tersebut pun berguguran. Dikenal dengan Dr. Pimple Popper, video high-def milik Dr. Lee telah mengumpulkan lebih dari 750.000 follower di Instagram, dan sekarang ia memiliki kerajaan virtual yang makin meluas. Jadi, apa sih yang buat fenomena ini jadi begitu menarik?

    Mengenyahkan Rasa Malu
    Terkadang, menonton sesuatu yang menjijikkan -namun asli- dapat membuat Anda merasa lebih nyaman terhadap diri Anda sendiri. “Manusia adalah makhluk sosial, jadi menarik rasanya melihat manusia lain berpartisipasi pada tindakan yang biasanya dinilai sebagai sesuatu yang memalukan atau menjijikkan,” ucap Matthew Traube, psikoterapis spesialis tingkah laku repetitif pada tubuh. “Menonton seorang dokter mengekstrasi jerawat mengesahkan tindakan tersebut dan menyampaikan pesan bahwa Anda tak perlu malu akan hal tersebut.”



    Mengurangi Stres
    “Orang-orang memberitahu saya kalau mereka membutuhkan video-video saya untuk relaksasi,” kata Dr. Lee, “dan menonton video saya tiap malam membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak.” Kristen, penggemar @DrPimplePopper berumur 29 tahun selalu menonton satu klip tiap malam sebelum tidur. “Terdengar aneh, tapi video-video ini membantu saya melepas penat,” ujarnya. “Ada rasa puas menonton jerawat yang berhasil dipecahkan dengan baik!”
    Jujur saja, siapa sih yang tak mengerti rasa puas yang muncul setelah mengeluarkan komedo atau benjolan kecil yang bersembunyi di bawah kulit Anda? “Hampir semua pasien saya mendeskripsikan rasa lega yang amat besar saat mereka memencet jerawat, seperti menenangkan diri sendiri,” jelas Traube.
    Bagi para pemencet jerawat yang akut -yang mengindikasikan permasalahan kejiwaan-kesehatan yang lebih besar- video-video ini merupakan salah satu cara pelampiasan. “Seperti menonton seseorang menggigit satu iris buah lemon bisa buat mata Anda berair dan mulut Anda mengerucut, menonton jerawat seseorang diekstraksi dapat juga menciptakan respon atau pelampiasan fisiologis atau emosional,” papar Traube. Terdengar aneh memang, namun ternyata fenomena ini memberikan efek menenangkan untuk beberapa orang!

    Acne All-Stars
    Cosmo mengulik berbagai beauty store besar untuk menentukan produk apa saja yang paling dicari untuk melawan acne!


    1. Just Stick It
    “Stiker” untuk jerawat ini dilapisi oleh salicylic acid dan tea tree oil -serta hyaluronic acid yang melembapkan- bulatan-bulatan transparan ini memberikan sensasi mini spa yang menyenangkan!
    Nexcare Acne Cover, Rp33.000,-.

    2. The Easy Solution
    Untuk kasus darurat, gunakan benzoyl peroxide. Formulanya membantu membersihkan pori-pori, mengontrol minyak dan mengurangi kemerahan secara instan.
    Clinique Acne Solutions Emergency Gel-Lotion, Rp420.000,-.

    3. Clean Wash
    Kandungan salicylic acid pada produk pencuci muka drugstore ini telah mengontrol minyak berlebih sejak tahun 1993!
    Neutrogena Oil-Free Acne Wash, Rp158.000,-.

    4. Clean Sensation
    Efek cool dan eksfoliasi lembutnya membersihkan dan melembutkan kulit tanpa membuatnya kering.
    Clean & Clear Active Clear Acne Clearing Cleanser, Rp24.000,-.



    5. Soothing Cover
    Kandungan lentil extract-nya mampu mengontrol sebum, sedang horsenut chestnut extract meredakan kemerahan dan mengecilkan pori-pori.
    Dr. Jart+ Ctrl A Spot Cover, Rp368.000,-.

     

    Baca Juga:

    5 Kesalahan Yang Dapat Memperburuk Jerawat

    Kenali Tipe Jerawat Anda & Cara Perawatannya

    5 Obat Jerawat Paling Ampuh Versi Cosmo

    10 Concealer yang Aman untuk Menutupi Jerawat