Better You

Apakah Anda Butuh Suplemen? Cek Di Sini!

  by: Hana A. Devarianti       15/12/2016
  • Anda pasti sudah tahu kalau vitamin, mineral, dan antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Well... Itu mungkin bisa terjadi di perfect healthy world karena harus diakui hal tersebut lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Pertanyaannya sekarang, apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen tambahan?

     

    Jawabannya agak tricky. Sebenarnya, sebagian besar dari Anda tidak memerlukannya, tetapi dalam beberapa kasus suplemen tambahan memang dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi tubuh. Tentu, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika berencana untuk rutin mengonsumsinya. Namun, sebagai pertolongan pertama, dalam artikel ini Cosmo merangkum tiga kondisi paling umum tubuh yang kekurangan suplemen serta bagaimana cara mengatasinya.



     

    #1: Rambut dan Kuku Tidak Sehat

    Jika Anda mengalami: peradangan atau iritasi pada kulit, kuku mudah patah dan terlihat rapuh, rambut pecah-pecah, rapuh serta semakin tipis.

    Anda mungkin kekurangan: biotin, vitamin yang bermanfaat untuk metabolisme energi, pertumbuhan rambut dan kuku, menurunkan berat badan, dan mengatur kadar gula darah.

    Makanan yang dianjurkan: biji-bijian, telur, susu, kacang-kacangan, dan protein seperti salmon serta ayam.

    Anjuran mengonsumsi suplemen: 30 mikrogram per hari.

     

    #2: Rutinitas “Ke Belakang” Anda Berubah

    Jika Anda mengalami: gangguan pada pencernaan, seperti sembelit, diare, dan muntah-muntah. Bisa juga disertai gejala rasa tidak nyaman terkena sinar matahari.

    Anda mungkin kekurangan: niacin atau vitamin B₃, vitamin yang berfungsi untuk meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah, dan memproduksi hormon tertentu dalam yang membantu menghilangkan bahan kimia berbahaya dari hati.

    Makanan yang dianjurkan: daging, ikan, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan roti.



    Anjuran mengonsumsi suplemen: 14 sampai 18 miligram per hari.

     

    #3: Anda Mudah Memar

    Jika Anda mengalami: muncul memar atau lembap berupa tanda merah atau ungu secara tiba-tiba pada tubuh.

    Anda mungkin kekurangan: vitamin C, antioksidan penting yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas kita terkena di lingkungan seperti polusi udara, asap rokok, dan sinar ultraviolet dari matahari. Selain itu, vitamin C juga membantu membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari penyakit.

    Makanan yang dianjurkan: jeruk, pepaya, paprika kuning, jambu, kale, dan stroberi.

    Anjuran mengonsumsi suplemen: 60 miligram per hari.

    FYI! Vitamin C tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga mudah bagi Anda untuk kekurangan vitamin ini.

     

    via GIPHY

    (Hana Devarianti/VP/Image: outnow.ch)