Better You

Terapi Stres: Beri Pijatan Pada Diri Sendiri

  by: Redaksi       26/12/2016
  • Gerakan simpel berikut bisa buat tubuh dan pikiran Anda lebih relaks. Dan berita baiknya, bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun di sela waktu senggang Anda.

    Pada Mata

    Gunakan ibu jari untuk menekan kedua area mata bagian dalam (yang dekat dengan hidung) selama beberapa detik. Setelahnya, berikan gerakan memutar ke arah luar mata bagian atas secara perlahan dan hati-hati jangan buat kulit mata Anda tertarik, ya! Lakukan gerakan yang sama dengan menggunakan jari telunjuk pada bagian bawah mata Anda. Terakhir, gosokkan kedua tangan Anda dan tutup kedua mata Anda setelahnya selama beberapa saat. Ini akan mengirimkan sensasi hangat yang dengan seketika membuat mata lelah Anda lebih relaks.



    Pada Kepala

    Letakkan semua ujung jari pada bagian tengah kepala dan ibu jari di sisi sebelah telinga. Lakukan gerakan memutar secara perlahan dari atas hingga belakang kepala Anda, dan ulangi beberapa kali. Gerakan selanjutnya, letakkan ibu jari Anda pada tulang pipi dan jari telunjuk juga tengah pada ujung sisi antara mata dan telinga atas Anda, berikan tekanan ringan dan pijat secara memutar di spot tersebut.

    Pada Leher Dan Pundak

    Lemaskan otot di leher dan pundak dengan handuk hangat selama beberapa saat sebelum memulai pijatan. Awali dengan pijatan membentuk lingkaran dari belakang telinga, turun ke leher, dan kemudian ke pundak Anda, ulangi sebanyak tiga kali. Setelahnya, letakkan kedua telapak tangan secara berlawanan di leher bawah mendekati pundak, remas perlahan kea rah luar pundak yang menuju lengan. Tutup dengan menggerakkan pundak Anda dengan memutar ke depan dank e belakang sebanyak masing-masing enam kali.

    Pada Punggung

    Gunakan bola tenis sebagai bantuan. Posisikan tubuh Anda membelakangi tembok, kedua kaki terbuka lebar, dan punggung yang menekan bola tenis di belakang. Mulai dengan bergerak ke atas dan ke bawah, juga ke kiri dan ke kanan secara perlahan dengan bantuan bola tenis tersebut, hingga terasa pijatan ringan dan otot-otot yang bekerja buat tubuh terasa relaks.

    Pada Kaki



    Anda duduk di kursi, dan kaki menginjak bola tenis di lantai (bisa diganti dengan bola golf atau sebotol air hangat) kemudian menggerakkan bola dari ujung hingga belakang kaki Anda. Terakhir, lakukan gerakan memutar pada telapak kaki untuk relaksasi yang lebih intens.  (Irfina Indriyani / VP / Image: doc.  / Shutterstock / Clickphotos)

     

    BACA JUGA:

    Bercinta Saat Dilanda Stres? Ini Solusinya!

    5 Sentuhan yang (Ternyata) Dibutuhkan Pria

    5 Cara Relaksasi Selain Meditasi

    Sentuhan Pasangan Ternyata Menyehatkan Tubuh dan Hati