Better You

5 Penyebab Bau Mulut Selain Tidak Sikat Gigi

  by: Hana A. Devarianti       20/12/2016
  • Kita bisa sepakat kalau bau mulut bisa langsung bikin tidak pede, terlebih saat kencan dengan si dia. Namun ternyata penyebab dari bau mulut bukan cuma karena tidak sikat gigi saja, lho. Lima hal di bawah ini juga bisa membuat napas berbau tidak sedap. Eww!

     

    Obat-obatan yang Dikonsumsi



    Obat untuk penyakit tekanan darah tinggi, anti-depresan, dan anti-alergi dapat memiliki efek samping mulut kering. Dan mulut yang kering lebih mudah untuk muncul bau tidak sedap. Air liur dibutuhkan untuk membasuh partikel makanan dari rongga mulut. Kurang air liur juga bisa menyebabkan kuman dan bakteri menumpuk di mulut dan ini juga menyebabkan bau.

     

    Infeksi pada Bagian Mulut

    Mulut yang sedang infeksi penuh dengan bakteri dan hal ini dapat membuat napas Anda bau. Infeksi yang paling umum terjadi adalah gingivitis atau radang gusi. Infeksi ini menyebabkan gusi mudah berdarah dan meradang. Jika tidak diobati dengan baik infeksi ini kemudian dapat menyerang jaringan lunak pada mahkota gigi, yang dikenal dengan infeksi perikoronitis.

     

    Tidak Membersihkan Lidah

    Yup, bukan hanya gigi dan gusi saja yang perlu dijaga kebersihannya. Lidah juga butuh perhatian khusus jika ingin memiliki napas yang segar. Ini karena bakteri juga dapat tumbuh subur pada bagian lidah Anda. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan lidah saat sedang sikat gigi. Akan tetapi, berhati-hati untuk tidak menggosoknya terlalu keras supaya tidak terluka.

     



    Gigi Bungsu Belum Dicabut

    Gigi bungsu juga bisa jadi penyebab dari napas bau Anda. Saat sedang tumbuh, sisa makanan dapat “terperangkap” pada bagian gusi gigi. Sisa makanan tersebut kemudian bisa membusuk dan membuat mulut berbau tidak sedap. Tidak hanya itu, ini juga bisa menyebabkan infeksi dan jika hal itu terjadi Anda memerlukan obat antibiotik untuk mengatasinya.

     

    Anda Sedang Lapar

    Oh ya, ini juga bisa membuat napas Anda bau. Ketika lapar, mulut akan kering dan kekurangan air liur. Ini kemudian membuat napas jadi berbau busuk – di samping membuat Anda jadi mudah marah, hehe.

     

    via GIPHY

    (Hana Devarianti/VP/Image: outnow.ch)