Better You

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Superfoods

  by: RedaksiCosmopolitan       26/12/2016
  • Istilah “superfood” memang sudah lama terdengar, tapi terkadang kita masih dibuat heran dengan pelabelannya—rasanya kita tak merasa “super” saat menyantapnya! Well, tentu dampak yang diharapkan tak secepat—dan seliteral—itu, makanya Cosmo mencoba menyingkap kembali makna di balik kata superfood ini. Simak!


    Why is It “Super” Again?
    Karena makanan yang jatuh dalam kategori “super” ini benar-benar sarat nutrisi (duh!) seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan/atau phytonutrien dibandingkan makanan lainnya. It’s pretty simple, right?


    Lalu Kenapa Beberapa Orang Tidak Setuju Dengan Pelabelan "Super"-nya? 
    Karena “promosi” para pakar kesehatan yang cenderung berlebihan. “Konsumen semestinya jangan cepat percaya dengan klaim superfood sebagai ‘miracle cure’,” ujar Jocelyn Halim, Director of Nutrition Slim Gourmet, “terutama kalau dimakan tanpa diet yang seimbang. Apalagi sejauh ini belum ada studi mendalam tentang mengapa beberapa makanan memiliki khasiat lebih super dibandingkan yang lain.”



    FYI, menurut suatu studi, superfood seperti brokoli pun tak sehat bila dikonsumsi terus-menerus lantaran memiliki kandungan yang toxic yang efeknya dapat terasa dalam jangka panjang. Again, moderation is key, dear.


    Apakah Ini Hanya Sekadar "Trend"?
    Semestinya tidak. Kenapa?  Karena kita memang sudah seharusnya untuk mencoba menjalani pola hidup sehat,  terutama soal makanan. Dan setidaknya fenomena superfood telah sukses meningkatkan minat konsumen untuk memilih makanan yang sehat dan menginformasikan kalau memang ada klasifikasi “sehat” di antara makanan yang tersedia.


    The downside? Harga yang melambung lantaran permintaan yang makin tinggi, dan “banyak perusahaan farmasi yang kini memanfaatkan tren ini untuk menciptakan produk yang menawarkan klaim kesehatan yang berlebihan,” ungkap Jocelyn. “Hal ini berisiko membuat orang berpikir kalau mengonsumsi suplemen saja sudah cukup, bukannya mengikuti pola makan yang sehat.” And now you know the(not so super) truth, ladies. (Sahiri Loing / SW / Image: Vitalii Gubin / Hemera / Thinkstock)

     



    BACA JUGA:

    Ini Manfaat Berhenti Makan Fast Food

    Tips Foto Makanan Untuk di Instagram

    Hindari 6 Makanan & Minuman Ini Saat Haid

    Makanan yang Pantang Dikonsumsi Sebelum Terbang