Lifestyle

Tips Hadapi Hal Tidak Diinginkan Saat Traveling

  by: Alvin Yoga       1/12/2017
  •  

    Traveling harusnya menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Namun, ada kalanya sebuah kejadian yang tidak menyenangkan menimpa Anda ketika pelesir, mulai dari tas yang rusak, hingga diare karena tidak cocok dengan makanan di lokasi wisata. Well, berikut beberapa tips dari Cosmo untuk menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan ketika traveling.

     



    Charger Ponsel Tertinggal

    Baterai ponsel Anda tinggal sedikit dan, buruknya lagi, charger ponsel Anda tertinggal. Jika Anda sedang berada di hotel, cobalah tanya ke bagian concierge apakah ada charger yang bisa Anda pinjam untuk mengisi baterai sementara waktu. Sambil mengisi baterai, tanyakan di mana lokasi toko terdekat yang sekiranya menjual charger smartphone Anda.

    Menurut studi USA Today, charger handphone merupakan barang yang paling sering tertinggal oleh para guest ketika check out. Maka dari itu, kemungkinan besar setiap hotel memiliki cadangan jika Anda berniat untuk meminjamnya selama beberapa waktu.

     

    Resleting Rusak

    Jika yang terjadi adalah resleting tas ransel Anda yang rusak, maka catat: selalu bawa tas lipat sebagai cadangan untuk menghadapi hal tersebut. Ada banyak pilihan tas lipat dengan harga terjangkau yang bisa Anda beli. Jika Anda tidak punya tas lipat, maka gunakan sabun cuci tangan batangan yang disediakan oleh hotel. Oleskan sabun pada bagian yang macet agar bisa ditutup kembali.

    Namun, jika yang terjadi adalah koper Anda yang rusak, maka saran terbaik Cosmo adalah luangkan waktu untuk membeli sebuah koper baru. Berbeda dengan tas yang bisa Anda bawa kemana-mana dan Anda cek setiap waktu, koper sangat berisiko jika terbuka di dalam pesawat nanti. Jika Anda kekurangan uang untuk membeli koper baru, maka pastikan Anda menjahit koper tersebut dengan benang gigi atau dental floss dan peralatan menjahit yang biasa disediakan hotel. Pastikan saja tidak ada barang yang ingin Anda ambil dari dalam koper sebelum menjahitnya.

     

    Diare



    Ada kalanya ketika mencicipi kuliner di tempat destinasi, perut Anda ternyata tidak cocok dengan bahan makanannya dan membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi. Pertolongan pertama ketika menghadapi diare adalah dengan minum air putih sebanyak-banyaknya untuk menghindari dehidrasi, kemudian beli obat diare secepat mungkin.

    Jika perut Anda terlalu sakit hingga tak bisa keluar kamar, jangan malu untuk mengontak layanan kamar dan tanyakan apakah Anda bisa meminta obat diare. Selain itu, berhentilah membeli makanan yang berisiko membuat Anda kembali sakit perut. Hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng, makanan pedas, makanan asam, serta makanan yang mengandung susu.

     

    Ransel Robek

    Yup, selalu ingat untuk membawa tas lipat sebagai cadangan untuk menghadapi hal ransel yang robek. Jika Anda tidak membawa cadangan, maka jahit tas Anda dengan benang gigi atau dental floss yang biasa dijual di minimarket. Menjahit dengan benang jahit biasanya tidak akan banyak menolong. Jika bagian yang robek agak besar, selain dijahit, berikan lakban di bagian dalam tas agar jahitan Anda bertahan lebih lama.

     

    Sepatu basah

    Anda hanya membawa satu sepatu – yaitu sepatu yang Anda gunakan sekarang, dan sayangnya sepatu itu basah terkena hujan. Cara paling cepat untuk mengeringkannya adalah dengan memasukkan kertas koran ke dalam sepatu hingga penuh. Koran lebih cepat menyerap air dibandingkan kertas tisu atau handuk. Jika Anda menginap di hotel, gunakan hair dryer untuk mengeringkan sepatu Anda agar tidak lembab.

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Outnow.ch)