Beauty

9 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

  by: Ainjia Phioltia Paat       12/12/2017
  • Jadi, rambut Anda sudah terasa berminyak dan “layu” siang ini padahal tadi malam baru saja dicuci? Kemungkinan besar Anda memiliki kulit kepala berminyak!

    Sebum, atau lemak natural yang diciptakan oleh kulit kepala, tercipta lebih banyak sebagai respon akan hormon yang berada dalam tubuh. Produksi sebum yang berlebihan bisa merupakan sesuatu yang permanen terjadi pada tubuh Anda. Biasanya untuk wanita disebabkan oleh problem hormonal, dari permasalahan tiroid, kehamilan, atau pil kehamilan yang Anda konsumsi. Namun, bisa juga disebabkan karena pemilihan produk dan pola perawatan rambut yang salah! Ingin tahu tips untuk mengatasi minyak berlebihan pada kulit kepala? Baca terus artikel Cosmo ini!




    1. Kurangi mencuci rambut

    Batasi mencuci rambut dari sekali sehari menjadi dua hingga tiga kali seminggu. Rambut lepek dan greasy memang tak nyaman untuk dipakai beraktivitas, namun semakin sering Anda mencuci rambut, semakin banyak pula minyak natural yang terangkat. Hal ini membuat tubuh menciptakan lebih banyak minyak lagi, yang menyebabkan kulit kepala jadi tambah berminyak. Oh no! Bila Anda belum bisa melepaskan kebiasaan tersebut, coba pelan-pelan dengan memberi istirahat pertemuan rambut dan sampo satu hari dalam seminggu. Pilih hari dimana Anda bisa berada di rumah seharian penuh, atau saat dimana Anda dapat menyamarkan rambut dengan topi. Setelah terbiasa, tambahkan jadi dua hari seminggu.

    Gunakan shampo yang ringan dan bernutrisi bagi rambut seperti PANTENE Shampo Anti Lepek. Sampo terbaru dari PANTENE dengan formula pro-vitamin yang ringan ini mampu membersihkan kulit kepala dan rambut dari minyak berlebih. 

    PANTENE Shampo Anti Lepek tidak hanya membersihkan rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, tapi juga menutrisinya dan menjadikannya ringan dan halus. Busa berlimpah dengan micro cleanser yang dihasilkan juga mampu membersihkan rambut dari sebum, kotoran dan polusi dengan lembut. Gunakan secara teratur agar rambut jadi lebih kuat melawan lepek.

    Presented by Pantene


    2. Gunakan dry shampoo jika perlu

    Gunakan dry shampoo atau hair powder untuk menyerap minyak berlebih secara sementara. Saat Anda merasa tak pede karena rambut sudah berminyak dan belum saatnya untuk keramas, semprotkan sedikit demi sedikit dry shampoo di akar rambut. Lalu gosok halus dengan jari untuk menyebarkan. Try: Living Proof Perfect Hair Dry Shampoo, Rp313.000,-.

     

    3. Hidrasi Kulit Kepala

    Pilih shampoo dan kondisioner yang bisa bantu menyeimbangkan hidrasi kulit kepala Anda. Mungkin shampoo dan kondisioner super hydrating terlalu berlebihan untuk rambut Anda namun moisturizing shampoo dan kondisioner yang lightweight dapat membantu kelembapan yang hilang di kulit kepala Anda tanpa mengangkat minyak secara berlebihan. Try: Vichy Ultra Soothing Shampoo, Rp300.000,-.

     



    4. Lakukan treatment

    Gunakan purifying shampoo atau treatment 2 kali sebulan. Rambut berminyak dapat juga disebabkan sisa minyak dari tumpukan produk rambut yang tak terangkat sempurna. Purifying shampoo akan membantu mengangkat kotoran-kotoran tersebut dan mengangkat minyak berlebih yang ada. Try: Phyto Phytopolleine Botanical Scalp Treatment, Rp465.000,-.

     

    5. Don't skip conditioner!

    Pastikan Anda menggunakan di ujung rambut, tak kena akar dan kulit kepala dan bilas secara sempurna agar semua sisa minyak terangkat. Atau Anda bisa juga mencoba leave-in spray yang lebih ringan dari kondisioner di ujung rambut Anda. Cosmo likes: Joico Daily Care Leave-In Detangler, Rp250.000,-.

    6. Perhatikan teknik mencuci rambut Anda

    Waktu bilas minimal yang benar adalah 30 detik. Kadang rambut terasa lebih berminyak disebabkan sisa shampo atau kondisioner yang tak terbilas secara sempurna, lho!


    7. Gunakan air dingin di bilasan terakhir

    Bila air panas dapat memancing kelenjar kulit kepala untuk memproduksi sebum lebih banyak, maka air dingin membantu menutup kelenjar, juga membantu menutup kutikula dan mereduksi kerusakan yang bisa terjadi pada rambut.


    8. Kontrol penggunaan hairdryer

    Angin panas dapat memancing produksi minyak lebih cepat! Sebisa mungkin, biarkan rambut kering secara natural, atau pastikan level heat di hairdryer Anda berada di level terendah.


    9. Hindari menyentuh rambut!

    Semakin sering Anda menyentuh, menyikat atau bahkan men-style rambut, semakin banyak minyak yang diciptakan dan membuat rambut makin terlihat berminyak nantinya.


    (Ainjia Paat / Image: Dok. Pantene Indonesia / Olga Ekaterincheva123RF.com)