Better You

Penjelasan Ilmiah Soal Tumbuhnya Bulu Halus di Payudara

  by: Silvya Winny       12/12/2017
  • Reaksi awalnya saat pertama kali melihat bulu halus yang banyak di area puting payudara bisa jadi, “Duh apaan ini yaa?” Kalau mengingat-ingat adegan nude di film Hollywood atau *oops* di film porno, rasanya penggambaran payudara selalu indah, mulus dan tampak tidak realistis.

    Sebenarnya, kalau dipikir-pikir lagi seharusnya Anda tidak perlu sepanik itu karena toh sekujur tubuh pasti ditumbuhi bulu-bulu halus. Jadi mengapa payudara Anda tidak harus memilikinya?

    Coba Anda lihat lagi lebih dekat, bulu-bulu halus sebenarnya tidak pas di puting Anda, melainkan pada areola bukan? Menurut sang ahli Dr. Joshua Zeichner, ini sangat umum terjadi pada wanita.



    Kenapa kita memiliki bulu di area itu? Alasannya bisa jadi karena terjadinya evolusi: “Rambut di sekitar puting payudara merupakan rambut sisa ketika tubuh memroduksi rambut yang berfungsi penting untuk menjaga suhu tubuh Anda.” 

     

    [ BACA JUGA: 13 Fakta Menarik Tentang Puting Payudara ]



     

    Seberapa banyak bulu yang tumbuh normalnya, tanya Anda?

    Seperti bulu di Miss Cheerful, jumlah dan ketebalan bulu di puting payudara pada masing-masing orang berbeda. Dr. Sherry Ross mengatakan bahwa Anda dapat memiliki lebih banyak rambut yang tumbuh di sekitar puting susu Anda saat hormon Anda berfluktuasi (seperti saat Anda sedang hamil). Sayangnya, tumbuhnya bulu  yang intens di area ini juga bisa menjadi pertanda PCOS, atau kelainan hormonal paling umum pada wanita usia subur dan dapat menyebabkan masalah kesuburan. “Pertumbuhan rambut jenis ini dikenal sebagai hirsutisme dan bisa terjadi karena hormon pria tinggi, seperti testosteron, yang merupakan karakteristik umum PCOS.”

    Jika hal ini disertai dengan jerawat yang memburuk dan menstruasi yang tidak teratur, konsultasikan dengan dokter Anda ya. (Silvya Winny / Image: Robert Przybysz@123RF.com)