Better You

Ternyata Rasa Bosan Punya 3 Dampak Positif, Lho!

  by: Sky Drupadi       13/12/2017
  • Idealnya, Anda langsung mencari kesibukan ketika mulai merasa bosan. Kalau Anda membiarkan diri tenggelam dalam kejemuan, pasti Anda akan terbawa kesal. Eits, hal yang selalu dianggap negatif ini ternyata bisa memberikan banyak dampak positif lho. Merasa bosan? Good for you!

     

    Essential for Creativity



    Ketika sedang bosan, Anda akan lebih mudah untuk membayangkan skenario “what if...”. Tanpa sadar, otak Anda sedang di-stimulasi untuk menjadi lebih kreatif dengan cara eksplorasi. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering daydreaming merupakan yang paling kreatif karena otak mampu masuk ke pikiran abstrak. Kadang, orang kreatif melamun secara sengaja untuk mencari inspirasi.

    Hal yang sama juga berlaku untuk problem solving. Solusi paling efektif muncul ketika Anda tidak fokus untuk menyelesaikannya. Ini disebabkan karena otak Anda tidak dibatasi dengan berbagai aturan dan mampu menggali sedalam mungkin di alam bawah sadar. Jadi ketika sedang jenuh, pastikan untuk menangkap ide-ide yang hadir di pikiran Anda!

     

    [ BACA JUGA: Supaya Sehat, Hindari Konsumsi Ini saat Makan Siang ]

     

    Time to Reflect

    Rasa bosan memberikan Anda satu hal yang sekarang sulit didapatkan (terutama di era digital ini): time to think. Bukan soal pekerjaan ya, tapi tentang keinginan, impian, dan hidup Anda. Ini bukan suatu hal yang egois, kok. Memangnya, seberapa sering sih Anda merefleksikan diri sendiri selain di depan cermin? Pasti jarang.



    Biasanya, rasa bosan melanda ketika Anda merasa hidup kurang meaningful. Maka dari itu, dalam rangka mencari makna, Anda bisa jadi lebih rendah hati dan merasakan empati. Anda dapat terdorong untuk melakukan kegiatan mulia seperti mendonasikan darah atau menyumbang pakaian di lemari.

     

    [ BACA JUGA: Ternyata Ini Dampak Mendengarkan Musik Saat Bekerja! ]

     

    Sleep Well

    Salah satu hal paling penting saat menuju dream land adalah rasa jemu. Sayangnya, orang merasa gelisah ketika rasa ini melanda dan berusaha mencari kegiatan lain, seperti membuka Instagram. Jika Anda terus melawan rasa bosan itu, otak Anda akan terbiasa untuk mencari kesibukan. Inilah yang membuat Anda kelelahan ketika bangun keesokan harinya. Dengan menerima kejenuhan itu dengan lapang dada, tubuh Anda akan lebih mudah untuk relaks dan tidur dengan nyenyak. Kapan lagi Anda bisa tiduran and do absolutely nothing? Hargai momen tersebut! (Sky Drupadi / SS / Image: Doc. 123RF: [email protected])