Lifestyle

Penggemar Berat Star Wars WAJIB Ketahui 10 Fakta Ini!

  by: Sky Drupadi       14/12/2017
  • Yay! Film Star Wars: The Last Jedi sudah mulai tayang di bioskop. Tenang, bagi Anda yang belum menontonnya, Cosmo tidak akan berikan spoilers, kok. Justru, Anda akan disuguhi 10 fakta tentang franchise yang “lahir” di tahun 1977 ini. Mengaku penggemar berat Star Wars? Simak ya, ladies!

     

    Tidak ada bioskop yang mau menayangkan film ini.



    Menurut film dokumenter Empire of Dreams, tidak ada bioskop yang mau menayangkan Star Wars karena film tersebut dianggap gagal. Saat itu, 20th Century Fox sedang mempromosikan film The Other Side of Midnight, yang memiliki antisipasi tinggi dari masyarakat.

    Memanfaatkan hal ini, Fox mengharuskan bioskop yang ingin menayangkan The Other Side of Midnight, untuk menyertakan Star Wars pula. In the end, bukan rahasia lagi bahwa film perang antar-galaksi tersebut menerima kesuksesan yang jauh lebih besar dibandingkan The Other Side of Midnight.

     

    Adegan opening yang ikonis merupakan sebuah pelanggaran.

    Pada tahun 70an dan 80an, akreditasi (daftar nama pemain, crew, dan lainnya) wajib diletakkan di awal film. Ini merupakan peraturan yang harus diikuti oleh anggota Directors Guild of America (DGA), salah satunya adalah sang sutradara, George Lucas.

    Menggunakan 'teks berjalan' sebagai adegan pembuka, George berpendapat bahwa credits di awal film akan mengganggu pengalaman para penonton. Maka dari itu, ia memutuskan untuk memindahkan daftar akreditasi ke akhir film. Untuk hal ini, DGA mengancam tidak mau menayangkan Star Wars dan juga memberikan denda untuk George. Pada akhirnya, pendiri LucasFilms tersebut membayar denda sebesar USD25 ribu dan mengundurkan diri dari DGA agar ia memiliki kebebasan untuk film-film berikutnya. Uuu... rebellious!

     

     

    Seluruh dialog Darth Vader dalam A New Hope direkam dalam satu hari.

    Tidak bisa dibayangkan jika orang lain yang mengisi suara Darth Vader selain si legendaris, James Earl Jones. Namun, ketika film ini dirilis, tidak banyak orang mengetahui namanya. Seluruh dialog Darth dalam film pertama ini direkam dalam waktu dua jam saja. Selain itu, karena percaya bahwa Star Wars tidak akan sukses, James meminta untuk tidak ditulis dalam closing credits. Well, untungnya ia berubah pikiran dan memperbolehkannya dalam film Return of the Jedi.

     

    Salah satu efek suara berasal dari gajah.

    Bunyi nyaring dari pesawat TIE Fighter yang digunakan Galactic Empire merupakan kombinasi suara gajah dan mesin mobil.

     

     

    Rahasia Darth Vader dijaga seketat mungkin.



    Spoiler alert! Darth Vader merupakan ayah Luke Skywalker. Oke, mungkin Anda sudah mengetahui hal ini. Tapi selama masa produksi, yang mengetahui rahasia ini hanya George, Irvin Kershner (sutradara untuk The Empire Strikes Back), dan Gary Kurtz (produser). Bahkan, pemeran Luke itu sendiri, Mark Hamill, diinformasikan beberapa saat sebelum pengambilan adegan kenamaan tersebut. "Noooooo!"

     

    Trilogi Star Wars pertama harusnya berakhir secara ironis.

    Film Return of the Jedi merupakan akhir dari trilogi pertama Star Wars. Jika Anda ingat, film tersebut diakhiri dengan sebuah pesta dalam rangka merayakan kemenangan para Rebel. Happy ending? Well, naskah pertama yang diajukan George tidak berakhir demikian...

    Menurut iO9, tokoh Luke Skywalker hampir mengikuti jejak sang ayah. Setelah Darth Vader mengorbankan diri dan meninggal dunia, Luke membuka topeng hitamnya, mengenakannya, lalu berkata: “Now, I am Vader.” Ide ini gagal diwujudkan karena George menekankan bahwa ini merupakan film anak-anak.

     

     

    Dialog Han Solo yang paling terkenal merupakan sebuah improvisasi.

    Ketika Han Solo hendak dibekukan dalam karbonit, Princess Leia menyatakan cintanya. Dalam naskah, balasan Han Solo yang sebenarnya adalah “I love you, too.” Namun, menurut Harrison Ford, aktor pemeran Han, jawaban tersebut tidak sesuai dengan kepribadian tokohnya.

    Saat pengambilan adegan dan Princess Leia menyatakan, “I love you”, Harrison secara spontan menjawab, “I know.” Improvisasi ini kemudian jadi salah satu momen terbaik dalam seluruh franchise Star Wars.

     

    Sebanyak 3000 aktor cilik mengikuti audisi untuk memerankan Anakin Skywalker.

    Demi mendapatkan aktor yang tepat untuk memerankan Anakin, alias Darth Vader muda, dalam The Phantom Menace, para ahli casting mencari ke Inggris, Irlandia, Skotlandia, dan Amerika Utara. Setelah menguji 3000 aktor cilik, Jake Lloyd berhasil memenangkan kehormatan tersebut. Sayangnya, pria yang kini berumur 28 tahun tersebut berhenti acting di tahun 2001 dan belum pernah menyentuh kaki di industri perfilman sejak itu.

     

     

    Film Meet Joe Black sukses berkat The Phantom Menace.

    Di tahun 1998, sebelum YouTube digunakan untuk mempromosikan film, satu-satunya tempat untuk menyaksikan trailer film adalah di bioskop. Untuk The Phantom Menace, trailer tersebut diterbitkan sebelum penayangan film Brad Pitt berjudul Meet Joe Black. Demi menyaksikan cuplikan itu, para penggemar Star Wars rela membeli tiket Meet Joe Black, lalu meninggalkan bioskop setelah trailer tersebut ditayangkan. Ouch!
     (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. outnow.ch)