Better You

5 Tips Liburan Tenang Walaupun Sedang Datang Bulan

  by: Sky Drupadi       15/12/2017
  • Tiket pesawat? Check! Hotel? Check! Paspor? Check! Ketika Anda tinggal satu langkah lagi menuju liburan impian, “teman” bulanan Anda tiba untuk menggagalkan segalanya. Eh, tunggu! Jangan dulu bongkar koper Anda. Liburan masih bisa dinikmati walaupun sedang datang bulan, kok. Ikuti saja 5 tips jitu dari Cosmo berikut ini.

     

    Persiapkan alat “perang”



    Tidak semua toilet menyediakan tisu. Bahkan, beberapa toilet umum tidak memiliki tempat sampah. Maka dari itu, Anda wajib membawa tisu kering, tisu basah, dan kantong untuk membuang pembalut kotor Anda. Dengan ini, Anda bisa membersihkan diri di manapun tanpa rasa khawatir. Selain itu, alat perang yang tak kalah penting adalah pakaian dalam cadangan. Antisipasi skenario terburuk (darah yang bocor ke celana) dan lawan dengan solusi yang pintar. Bring it on!

     

    [ BACA JUGA: Ini Penyebab Anda Sering Ngidam Saat Menstruasi ]

     

    Bawa pembalut ekstra

    Jangan nyaman dengan satu pembalut di tas Anda. Tidak tahu kan, kapan aliran menstruasi akan deras? Jika Anda berencana mengganti tas beberapa kali, selipkan 1-2 pembalut atau tampon ekstra di tiap tas. Ketika dibutuhkan, Anda tidak perlu repot mampir ke mini market atau meminjam sesama turis. Awkward...

     

    Jangan lupa painkillers



    Selain darah itu sendiri, hal yang lebih menyiksa adalah rasa sakit. Jadi, bawalah pereda paling efektif untuk Anda, misalnya minuman atau obat. Beberapa wanita juga menemukan kenyamanan ketika memasang cooling pad pada perut, atau koyo panas pada kaki karena pegal. Anyway, cuma Anda yang tahu cara paling ampuh melawan keram menstruasi.

     

    [ BACA JUGA: 5 Alasan Anda Tidak Datang Bulan (Selain Karena Hamil!) ]

     

    Gunakan pakaian yang nyaman

    Sebaiknya, Anda hindari dulu memakai skinny jeans. Perpaduan ketatnya celana, keringat, dan aliran darah akan membuat Miss Cheerful Anda lembap. Kondisi ini jadi pendukung untuk pertumbuhan bakteri, lho! Untuk pengalaman liburan yang menyenangkan, gunakan bahan baju yang flowy, atau celana model culottes dan jogger.

     

    Jangan merasa bersalah

    Jika bagi Anda, solusi paling efektif dalam membasmi rasa sakit adalah dengan memeluk kaki di atas kasur sambil mengunyah cokelat, maka lakukanlah dan jangan merasa bersalah! Selain itu, berikan waktu ketika Anda mulai merasa jenuh dan bete akibat PMS. Ini merupakan hal normal yang dilalui semua wanita, kok! Percayalah, rasa itu akan segera berlalu, dan Anda bisa melanjutkan liburan dengan nyaman. (Sky Drupadi / SW / Image: Doc. 123RF [email protected])