Better You

Ini Yang Terjadi Jika Tidak Makan Usai Berolahraga

  by: Silvya Winny       15/12/2017
  • Kadang setelah olahraga di gym bisa membuat Anda mendadak lapar, namun bisa juga kehilangan nafsu makan. Padahal nyatanya sangat penting untuk mengisi perut dengan cepat setelah olahraga lho.

    Atlet Olimpiade Katarina Johnson-Thompson baru-baru ini mengatakan kepada Cosmopolitan UK bahwa dia menetapkan batas 30 menit setelah sesi latihan, di mana dia harus makan untuk kembali memperkuat tubuhnya. Tampaknya, saran ini perlu diikuti oleh para pecinta olahraga – bukan hanya paramedis olimpiade saja kepada para atletnya, menurut personal trainer Rebecca Gahan.

    Rebecca menjelaskan alasan biologis bahwa makan setelah berolahraga itu sangat krusial. “Selama latihan, terutama saat latihan kekuatan, tubuh Anda bekerja menghancurkan otot dan membentuk micro tears (faktor penting pembentuk otot),” jelasnya. Tak percaya? Malahan tubuh Anda membutuhkan makanan dengan protein untuk memaksimalkan tubuh menghasilkan micro tears tersebut.



     

    [ BACA JUGA: 7 Olahraga Low-Impact yang Bakar Banyak Kalori ]

     

    "Semakin dekat protein dengan jaringan manusia, semakin mudah bagi tubuh untuk bertenaga lagi," katanya. Ia menyarankan ayam, ikan, lean beef dan telur sebagai opsi terbaik. Para wanita disarankan mengonsumsi sekitar 50gram protein, yang sebenarnya masih jauh dari standar pria yang butuh sekitar 200gram.

    Kalau Anda tidak memulihkan tubuh lewat makanan setelah berolahraga, Anda sama halnya dengan melemahkan stamina tubuh dalam jangka panjang karena jaringan otot belum sepenuhnya pulih setelah membebaninya dengan latihan. Atau dalam arti lain, tubuh Anda sudah “kalah” lebih dulu sebelum kembali bertempur lagi.

     

    [ BACA JUGA: CEK! Apa Olahraga Yang Cocok Berdasarkan Zodiak Anda ]



     

    Selain membutuhkan makanan berprotein tinggi setelah olahraga yang berguna untuk memulihkan jaringan otot, personal trainer juga memberitahu beberapa alasan fisik lain mengapa tubuh Anda butuh “bahan bakar” tambahan. Menurut mereka, berkeringat saat olahraga berarti Anda kehilangan air dan juga elektrolit, dan bila tak segera digantikan, Anda akan cepat mengalami dehidrasi yang membuat Anda cepat lelah dan pingsan.

     

    [ BACA JUGA: Tips Sehat Sebelum & Sesudah Olahraga Lari ]

     

    Menghindari makan setelah latihan juga bisa memengaruhi stabilnya mood. Terlalu keras latihan membuat kadar glukosa Anda turun, padahal glukosa sangat penting bagi fungsi otak dan penambah energi. Fungsi otak yang rendah dapat memengaruhi mood dan kewaspadaan, lho. Jadi jika ingin memaksimalkan latihan olahraga intens, maka Anda perlu mengisi ulang kadar glukosa tersebut dengan makanan yang seimbang.

    Setuju kan bila dikatakan kalau tubuh Anda itu rumit? (Silvya Winny / Image: [email protected])