Better You

Jangan Sampai 4 Penyakit Ini Ganggu Liburan Anda!

  by: Sky Drupadi       18/12/2017
  • Liburan telah tiba, koper sudah rapi, dan tiket pesawat sudah di tangan. Namun saat melangkahkan kaki keluar rumah, AAA-CHOO! Flu melanda! Jangan sampai 'sindrom liburan' berikut menghalangi Anda dari the perfect holiday.

     

    Dizzy Days



    Biasanya, Anda selalu bangun pagi, minum kopi, dan bekerja. Saat liburan, terutama jetlag, rutinitas tersebut tidak dijalankan, sehingga memicu sakit kepala atau migrain.

    Fight it: Usahakan untuk mempertahankan pola sehari-hari seperti biasa, bahkan saat liburan. Makan tepat waktu dan minum air putih yang banyak juga ya.

     

    [ BACA JUGA: Cara Pulihkan & Merawat Kulit Setelah Liburan ]

     

    Ouchie Tummy

    Anda pasti akan mengubah diet dan lifestyle selama liburan. Tak terhindari, hal ini akan memengaruhi sistem pencernaan dan imun. Mencoba makanan baru juga bisa mengundang penyakit seperti diare dan sembelit.

    Fight it: Rekomendasi paling mudah adalah untuk selalu membawa obat probiotik yang membantu kelancaran pencernaan. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi sayuran dan buah.

     



    Freezing Cold

    Menurut The Journal of Environmental Health Research, virus flu 100 kali lebih mudah berpindah di pesawat. Pendingin ruangan hotel juga menyebabkan hidung Anda kering, sehingga tidak ada yang melindungi dari infeksi.

    Fight it: Karena virus paling mudah ditransfer melalui tangan, jangan pernah malas mencuci tangan Anda. Dengan sabun, bersihkan sela-sela jari, telapak, dan punggung tangan Anda dengan teliti.

     

    [ BACA JUGA: 7 Cara Hindari Kaki Pegal Saat Liburan ]

     

    Oh No, Mosquito

    Sebuah gigitan nyamuk bisa berujung ke penyakit berbahaya seperti malaria dan demam berdarah. Tentu saja, Anda tidak mau membawa pulang semua penyakit ini setelah menikmati liburan panjang.

    Fight it: Pastikan untuk menerima suntikan kekebalan sebelum ke negara tertentu. Menurut penelitian, keringat, panas, minuman alkohol, dan kehamilan juga membuat para nyamuk lebih 'tertarik' untuk mengigit Anda. Sebaiknya, selalu sediakan obat nyamuk berbentuk lotion atau spray kemana pun Anda pergi. (Sky Drupadi / SS / Image: Doc. 123RF [email protected])